Warga di Jepara Iuran Memperbaiki Rumah tak Layak Huni

Rhobi Shani    •    Senin, 14 Aug 2017 11:30 WIB
rumah dibongkar
Warga di Jepara Iuran Memperbaiki Rumah tak Layak Huni
Warga bergotong royong merenovasi rumah Temu, warga Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Jepara: Puluhan warga RT.04 RW.12 Desa/Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, berbondong-bondong mendatangi rumah Temu. Tanpa menunggu lama, warga kemudian merobohkan rumah janda 76 tahun itu.

Melihat rumahnya dirobohkan warga, Temu dan anaknya, Seger, 33, tak kuasa menahan tangis. Temu dan anaknya yang tak pernah mengenyam pendidikan itu kemudian terdiam ketika melihat warga mulai membangun kembali rumahnya.

Warga Desa Bangsri memang sedang bergotong royong merenovasi rumah Temu yang sudah rapuh. Rumah berukuran tidak lebih dari 35 meter persegi yang selama ini dihuni Temu, hanya berdinding kayu dan lantainya masih tanah.

"Mbah Temu ini janda. Anak-anaknya ekonominya juga pas-pasan bekerja merantau. Bedah rumah ini hasil iuran warga," kata koordinator bedah rumah, Haryanto, Senin 14 Agustus 2017.
 
Haryanto mejelaskan, rumah Temu nantinya akan diganti dengan dinding tembok. Kayu atap yang mulai lapuk juga akan diganti.

"Kami anggarkan Rp15 juta untuk membedah rumah mbah Temu. Itu untuk membeli bahan material. Sementara, tenaga untuk membangun kami gotong royong," ujar Haryanto.

Menurut Haryanto, program bedah rumah ini tidak hanya untuk rumah Temu. Masih ada dua rumah warga kurang mampu yang akan direnovasi. Selain itu, uang hasil iuran warga juga akan digunakan untuk membangun satu kamar mandi umum.
 
Sementara itu, Temu mengaku senang rumahnya diperbaiki warga. Ia mengaku, selama ini tak memiliki cukup uang untuk mengganti kayu atap rumah yang sudah lapuk.

"Terima kasih sekali sudah dibantu memperbaiki rumah saya. Selama ini, kalau ada kayu yang lapuk hanya diganti dengan kayu bekas saja. Mudah-mudahan bantuan ini membawa berkah dan manfaat," pungkas Temu.
(NIN)