Pasien Rawat Jalan di RSUD Brebes akan Dibatasi

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 23 Oct 2017 19:17 WIB
rsud
Pasien Rawat Jalan di RSUD Brebes akan Dibatasi
Antrian di Poliklinik RSUD Brebes, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews..com. Brebes: Jumlah pasien rawat jalan di RSUD Brebes, Jawa Tengah, terus membludak setiap harinya. Pihak rumah sakit akan membatasi jumlah pasien yang berobat jalan, agar dokter bisa mengobati pasien dengan maksimal.
 
Setiap jam kerja poliklinik RSUD Brebes dibuka, ratusan orang membludak hingga ke lorong - lorong rumah sakit. Mereka duduk di lantai teras seadanya, karena tidak ada tempat duduk yang kosong untuk ditempati.
 
Membludaknya pasien BPJS maupun umum, membuat banyak pasien terlantar hingga tak tertangani, meski sudah menunggu berjam - jam hingga siang hari. Selain itu menurut pihak rumah sakit, selama ini dokter yang menangani pasien rawat jalan tidak bisa menangani pasien secara maksimal.
 
”Karena harus bergiliran dengan pasien lainnya yang telah antri,” ujar Direktur RSUD Brebes, dokter Oo Suprana, Senin, 23 Oktober 2017. 
 
Pembatasan pasien yang akan diberlakukan, lanjut Oo, agar pasien bisa ditangani secara maksimal oleh dokter rawat jalan. Termasuk agar tidak ada pasien yang terlantar menunggu giliran panggilan pemeriksaan.
 
Rencananya untuk setiap poliklinik akan dibatasi sebanyak 50 pasien per harinya. Kecuali pada poli jantung yang dibatasi hingga 70 pasien dan mata tidak ada batasannya.
 
“Karenakan pasien di poli mata masih bisa ditangani tanpa harus menunggu lama antrian,” ungkapnya.
 
Semnetara salah satu pasien rawat jalan, Sigit mengeluhkan antrian di RSUD Brebes yang sangat lama. Meski pelayan tim dokter sudah terbilang baik, namun dokter poli terlalu lama menangani pasien.



(ALB)