Rumah Bantuan untuk Nelayan Belum Layak Huni

Rhobi Shani    •    Jumat, 13 Oct 2017 13:53 WIB
nelayan
Rumah Bantuan untuk Nelayan Belum Layak Huni
Bantuan rumah untuk nelayan di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Metrotvnews.com, Jepara: Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menilai rumah khusus nelayan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Kedung belum sepenuhnya layak huni. Sebab sarana lingkungan belum tergarap maksimal. 
 
“Menurut saya belum bisa (dihuni), sebab saluran air limbahnya belum sampai ke pembuangan,” ujar Kabid Perumahan Disperkim Jepara Anisah Salmah, Jumat 13 Oktober 2017. 
 
Baca: 30 Rumah Sederhana untuk Nelayan Dibangun di Jepara

Anisah bilang, sesuai arahan dari Kementrian PU-PR fasilitas tersebut diminta untuk segera ditempati. Hal itu untuk mengetahui kekurangan dari perumahan tersebut. Saat ini sedang dilakukan pendataan kepada nelayan yang nantinya berhak menghuni rumah tersebut.
 
“Masih kami data dan seleksi. Karena terkait kesiapan mereka tinggal di perumahan dengan fasilitas yang apa adanya. Apakah mereka mau atau tidak,” kata Anisah.
 
Ditambahkan Anisah, jumlah rumah bantuan untuk nelayan sebanyak 200 unit. Tahap pertama, 2016 sampai 2017, dibangun 100 unit. Sisanya akan dibangun kembali tahun depan. Rumah bantuan untuk nelayan menggunakan konstruksi rumah instan sederhana sehat (RISHA).
 
“Akhir tahun ini kemungkinan sudah siap ditempati. Sementara untuk perampungan saluran limbah, nanti anggarannya dari pusat,” tandas Anisah.
 
Sebelumnya, pada September 2017 rumah bantuan untuk nelayan ini ditargetkan sudah bisa ditempati.
 
Baca: Rumah Nelayan Kementerian PUPR Ditargetkan Selesai September 2017
  
Dari data yang dimiliki pemerintah Desa Kedung Malang, ada sekitar 1.400 keluarga. Namun demikian, untuk menempati fasilitas itu akan diprioritaskan bagi yang lebih membutuhkan. 

(ALB)