Jawa Tengah Raih Anugerah LHKPN Terbaik

Mustholih    •    Rabu, 13 Dec 2017 12:07 WIB
lhkpn
Jawa Tengah Raih Anugerah LHKPN Terbaik
?Jawa Tengah Raih Anugerah LHKPN Terbaik

Semarang: Komisi Pemberantasan Korupsi menganugrahi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai Pemerintah Daerah yang paling patuh dalam membuat laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) 2017. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menerima penghargaan tersebut pada peringatan Hari Anti-korupsi Dunia di Ibu Kota Jakarta.

Ganjar menyatakan, selama 2017 memang gencar mendorong anak buahnya melaporkan harta kekayaan mereka. Sebab, membuat LHKPN merupakan bagian dari upaya mewujudkan reformasi birokrasi di Jateng. 

"Dengan pelaporan harta yang tertib, maka penerimaan pejabat yang tidak sah bisa diminimalkan," kata Ganjar saat dihubungi wartawan, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 12 Desember 2017.

Upaya reformasi birokrasi sudah dilakukan Ganjar sejak 2014 dengan diterbitkannya Surat Keputusan Gubernur Jateng Nomor 770/4 tentang  ketentuan pelaporan LHKPN. SK tersebut mewajibkan bagi pejabat Pemprov Jateng eselon I-IV, Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMD Jateng  untuk melaporkan harta kekayaan mereka ke KPK. 

“Ini meniru sistem di sejumlah kementerian. Tapi, belum banyak pemerintah daerah yang melakukan ini,” ujar Ganjar menegaskan.

Menurut Ganjar, anugerah dari KPK ini kali ketiga yang diterima Jawa Tengah. Pada 2016, Jawa Tengah menerima penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan sistem pengendalian terbaik. Sedangkan, pada 2015, Jawa Tengah memeroleh penghargaan pengendalian gratifikasi dengan jumlah laporan gratifikasi terbanyak.

Ganjar menambahkan, melaporkan harta kekayaan merupakan pekerjaan yang sulit bagi sebagian pejabat negara. “Mereka sulit menuliskan sumber hartanya dari mana, bahkan ada yang katanya menjual hartanya dulu sebelum lapor LHKPN,” ungkap Ganjar.


(ALB)