UMK se-Jateng Diumumkan Pekan Depan

Mustholih    •    Rabu, 15 Nov 2017 14:50 WIB
ump
UMK se-Jateng Diumumkan Pekan Depan
ilustrasi Metrotvnews.com

Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus menggodok besaran upah minumum di 35 kabupaten/kota se-Jateng. Besaran UMK itu dipastikan bakal diumumkan pada 21 November 2018.

"Harus diumumkan pada 21 November 2017, itu sudah final. Tapi biasanya (diumumkan) pada 20 November pukul 00.00," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jawa Tengah, Edy Joko Pramono, usai beraudiensi dengan perwakilan buruh, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 15 November 2017.

Menurut Edy, proses penghitungan upah minimum untuk 35 Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah belum selesai dikalkulasi. Bahkan, hingga kini masih ada tiga pemerintah daerah yang belum menyerahkan rekomendasi upah buruh ke Pemerintah Jawa Tengah.

Ke tiga pemda yang menyerahkan hitung-hitungan upah buruh adalah Kota Semarang, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Pati. "Kita lagi godok, UMK belum selesai. Nunggu semua kabupaten/kota masuk. Kita lihat ketentuan-ketentuan yang dipakai mereka sudah sesuai tidak," ujar Edy menegaskan.

Apabila semua rekomendasi dari daerah sudah masuk ke provinsi, Pemerintah Jawa Tengah segera merumuskan besaran UMK 2018. Edy menegaskan tuntutan buruh, keluhan pengusaha, dan rekomendasi Pemkab atau Pemkot menjadi bahan pertimbangan Jateng dalam memutuskan besaran UMK. 

"Nanti Bapak Gubernur akan mengambil kebijakan yang baik dan sesuai dan bisa diterima dari kalangan tenaga pekerja dan pengusaha," jelas Edy.



(ALB)