Jelang Tahun Baru 2018

Kirab Kereta Kraton Yogyakarta Hibur Pengguna Bandara Adisutjipto

Patricia Vicka    •    Minggu, 31 Dec 2017 15:44 WIB
natal dan tahun baru
Kirab Kereta Kraton Yogyakarta Hibur Pengguna Bandara Adisutjipto
Kirab Kereta Kencana dan Bregada Kraton Yogyakarta di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Minggu, 31 Desember 2017. Foto: Humas Bandara Adisutjipto Jogja

Yogyakarta: Pengguna Bandara Adisucipto dihibur pertunjukan kirab budaya Bregada Wirawaskita dan Kereta Kencana Keraton Yogyakarta. Atraksi ini diselenggarakan PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Adistjusipto menjelang pergantian tahun.

Kirab dimulai dari Taman Budaya Borobudur yang terletak di dekat pintu Keberangkatan Terminal A Bandara Adisucipto Yogyakarta. Sekitar 60 pegawai AP I disulap menjadi pasukan bregada keraton Yogyakarta. Mereka berkumpul di taman Budaya Borobudur sekitar pukul 09.00 WIB.

Didahului sambutan dari pimpinan otoritas Bandara, kirab dimulai sekitar pukul 11.00 WIB dan dilepas langsung oleh GM Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama.

Iring-iringan peserta kirab dimulai dari para pasukan bregada yang membawa alat musik tradisional, diikuti Bregada pembawa tombak, dan terakhir adalah kereta Kencana Keraton Yogyakarta. Kereta ini ditarik empat kuda dan satu orang kusir dan membawa Duta Bandara Adisutjipto dan Duta Dirgantara yang didandani bak putra-putri keraton.


Kirab Kereta Kencana dan Bregada Kraton Yogyakarta di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Minggu, 31 Desember 2017. Foto: Humas Bandara Adisutjipto Jogja

Rute Kirab mengambil Jalan Raya Solo sampai dengan pertigaan Tugu Garuda Maguwo (depan Hotel Sheraton Yogyakarta), kemudian dilanjutkan ke arah Selatan menuju jalan akses masuk ke Lanud Adisutjipto dan kembali lagi ke Taman Budaya Borobudur Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

GM Bandara Adisucipto Yogyakarta  Agus Pandu Purnama mengatakan atraksi kirab ini diselenggarakan untuk menghibur dan menyambut para wisatawan yang hendak merayakan  pergantian tahun baru di Kota Budaya.

"Bregada dan kereta kencana adalah salah satu ikon budaya Yogyakarta. Maka kami hadirkan disini untuk mendukung pariwisata di Yogyakarta," kata Pandu di Yogyakarta, Minggu, 31 Desember 2017.

Pengguna jasa bandar udara dapat turut merasakan nuansa seni budaya dan pariwisata Indonesia suatu daerah melalui gerbang utamanya. Pengunjung yang hadir turut disuguhkan pertunjukan tarian dan makanan khas daerah yang diselenggarakan di Taman Budaya Borobudur.

Calon penumpang dan wisatawan yang ada di Bandara Adisutjipto tampak antusias menyaksikan pertunjukan ini. Mereka nampak mendekat ke taman Budaya Borobudur dan mengabadikan atraksi ini dengan gawai pribadi.

 


(SUR)