Minat Tinggi Warga Kendal jadi TKI

Iswahyudi    •    Rabu, 27 Dec 2017 20:40 WIB
tki
Minat Tinggi Warga Kendal jadi TKI
Seorang tenaga kerja wanita Indonesia mendatakan dirinya di pos pelayanan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja (BNP2TKI). Antara/Aswaddy Hamid

Metrotvnews.com.Kendal: Minat warga Kendal untuk menjada tenaga kerja di luar negeri sangat tinggi. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kendal, setidaknya 200 orang berangkat ke luar negeri tiap bulannya untuk jadi TKI.
 
Data dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) juga menunjukkan Kendal menjadi pemasok TKI peringkat kedua setelah Cilacap. 

"Rata-rata didominasi kaum perempuan dengan negara tujuan antara lain Hongkong, Taiwan, Malaysia, dan Arab Saudi. Mereka sebagian besar bekerja sebagai asisten rumah tangga," kata Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja Kendal, Agus Teguh Imanto, Rabu, 27 Desember 2017
 
Jumlah perusahaaan penyalur jasa tenaga kerja indonesia (PJTKI) di Kendal cukup banyak, sebanyak 41 perusahaan terdaftar. Enam di antaranya PJTKI yang berkantor pusat di Kendal.

Karena banyaknya peminat, Dinas Tenaga Kerja rutin melakukan pengawasan terhadap TKI lewat PJTKI maupun agen yang menyalurkan jasa.


(SUR)