Kerugian Akibat Siklon Tropis Cempaka di Gunungkidul Capai Rp100 Miliar

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 08 Dec 2017 11:13 WIB
siklon tropis cempaka
Kerugian Akibat Siklon Tropis Cempaka di Gunungkidul Capai Rp100 Miliar
Petugas Kepolisian mengevakuasi korban banjir di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta -- ANT/Andreas Fitri Atmoko

Gunungkidul: Kerugian akibat terjangan Siklon Tropis Cempaka di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ditaksir mencapai Rp100 miliar. Banjir hingga longsor merusak ratusan rumah warga dan sejumlah fasilitas umum, seperti jalan dan jembatan.

"Setidaknya ada 11 jembatan di Gunungkidul yang rusak akibat bencana alam akhir bulan November lalu. Selain itu, ada sembilan akses jalan dan 202 rumah warga yang rusak," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul Eddy Praptono di Yogyakarta, Jumat, 8 Desember 2017.

Menurut Eddy, total kerugian bisa lebih dari Rp100 miliar. Sebab, nilai tersebut belum termasuk perekonomian Gunungkidul yang terganggu akibat bencana.

Eddy menyebut pemerintah setempat sedang dalam tahap pemulihan pascabencana. Salah satunya dengan pembenahan insfrastruktur yang rusak.

Pembiayaan pemulihan pascabencana diupayakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Gunungkidul, APBD Pemerintah DIY, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Sifatnya sharing pembiayaan. Kami harapkan aktivitas warga segera normal kembali," kata Eddy.

Kepala Desa Pacarejo Suhadi menuturkan ada 1.552 warganya yang sempat mengungsi saat bencana. Selain itu, 80 rumah warga rusak diterjang banjir.

"Dari 80 rumah yang rusak, 11 di antaranya masuk kategori rusak berat," pungkasnya.


(NIN)