Bandara Yogya Ditutup karena Hujan Lebat

Patricia Vicka    •    Selasa, 08 Nov 2016 16:47 WIB
bandara
Bandara Yogya Ditutup karena Hujan Lebat
Foto ilustrasi. (Ant/Joko Sulistyo)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Bandara Adisutjipto Yogyakarta sempat ditutup selama 30 menit. Penutupan berlangsung mulai pukul 15.25-15.55 WIB akibat cuaca buruk.

Kepala Humas Bandara Adisutjipto Liza Anindya menjelaskan lebatnya hujan yang turun mengganggu jarak pandang pilot.

"Hujannya deras banget. Jarak pandang terbatas. Runway terpaksa ditutup sementara," jelas Liza melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa (8/11/2016). 

Akibatnya, empat penerbangan dari Yogyakarta tertunda. Antara lain, Garuda Indonesia 211 tujuan Jakarta, Wings Air 1845 tujuan Surabaya, Batik Air 6377 tujuan Jakarta, dan Expres Air 8449 tujuan Denpasar. 

Selain itu, empat penerbangan menuju Yogyakarta tak bisa mendarat. Keempatnya adalah Garuda Indonesia 253 dari Denpasar, Wings Air 1812 dari Surabaya, Lion Air 641 dari Makassar dan Citilink dari Jakarta.

"Saya belum bisa memastikan apakah pesawat tersebut akan mendarat di bandara terdekat atau hanya berputar di sekitar Yogyakarta menunggu hujan reda," ujarnya. 

Liza mengaku telah memberitahu penutupan landasan pacu kepada maskapai dan penumpang. "Namanya juga cuaca, tak ada yang bisa memprediksi," pungkasnya.


(SAN)