Atmosfer Pilgub Jateng Terdeteksi Adem Ayem

Mustholih    •    Senin, 18 Dec 2017 20:44 WIB
pilgub jateng 2018
Atmosfer Pilgub Jateng Terdeteksi Adem Ayem
Pilkada Jateng, Medcom.id - M Rizal

Semarang: Kepolisian Daerah Jawa Tengah mendeteksi atmosfer Pemilihan Kepala Daerah di Jateng masih adem. Padahal sejumlah partai sudah menyodorkan nama kandidat calon Gubernur Jateng dan mulai memanaskan mesin organisasi menyambut pertarungan politik yang digelar pada 2018.

"Pemilu masih adem ayem, belum ada info," kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng, AKBP Agus Triatmaja, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 18 Desember 2017.

Meski begitu, mengikuti tahapan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun depan, Polda Jateng siap menggelar operasi Mantap Praja pada awal Januari 2018. Operasi Mantap Praja diselenggarakan dengan tujuan agar Pemilihan Gubernur Jateng berjalan lancar tanpa ada gangguan berarti. 

"Mantap Praja awal tahun ini sudah berjalan. Nanti Biro Ops yang akan menjelaskan tahapan-tahapannya," jelas Agus.

Agus menyatakan sejauh ini atmosfer politik Jawa Tengah begitu kondusif. Ia mengklaim tak ada hal yang mengganggu proses pemilihan.

Meski begitu, kata Agus, 35 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah dinilai memiliki tingkat kerawanan Pemilu yang sama yang harus betul-betul dijaga. "Kita tidak underestimate. Semuanya kita siagakan," terang Agus.

Di Jawa Tengah, kandidat calon Gubernur Jawa Tengah sudah mulai mengerucut. Partai Gerakan Indonesia dan Partai Amanat Nasional resmi mengusung Sudirman Said sebagai kandidat Calon Gubernur Jawa Tengah.

Jauh-jauh hari, Partai kebangkitan Bangsa sudah mendeklarasikan bakal mengusung Marwan Jakfar. Meski begitu, Sudirman dan Marwan hingga kini belum cukup kursi untuk bisa menjadi calon Gubernur Jawa Tengah.

Adapun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang bisa mengusung sendiri calon Gubernur Jateng malah hingga kini belum menyodorkan nama. Sementara itu Partai NasDem memutuskan merapat ke PDI-Jawa Tengah dalam kontestasi Pilgub nanti.


(RRN)