Jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Pengelola Objek Wisata Mulai Berbenah Sambut Musim Liburan

Rhobi Shani    •    Minggu, 17 Dec 2017 12:07 WIB
natal dan tahun baru
Pengelola Objek Wisata Mulai Berbenah Sambut Musim Liburan
Objek wisata Pantai Bandengan sepi pengunjung. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani

Jepara: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, berbenah objek wisata pantai untuk menyambut wisatawan di musim liburan akhir tahun. Seperti di objek wisata Pantai Kartini dan Pantai Bandengan.

Manajer objek wisata Pantai Bandengan Mat Khoirum menyampaikan, pemeriksaan pohon di lingkungan objek wisata rutin dilakukan tiap hari guna sebelum musim liburan tiba. Mengingat, kondisi cuaca saat ini kerap muncul hujan lebat disertai angin kencang.

"Kalau ada pohon yang dirasa membayakan pengunjung kami pangkas,” ujar Mat Khirum, Minggu, 17 Desember 2017.

Selain pemeriksaan pohon, personel keamanan tambahan juga disiapkan. Selain melibatkan aparat TNI dan Polri, paguyuban nelayan setempat juga disiagakan.

"Polisi kami tempatkan di gardu pandang dan di air. Patroli air polisi akan dibantu nelayan," kata Mat Khoirum.

Pihaknya tidak berani menarget jumlah pengunjung musim liburan akhir tahun ini. Pasalnya, objek wisata pantai saat ini banyak bermunculan di Jepara. Baik yang dikelola secara profesional oleh swasta maupun dikelola pemerintah desa dan masyarakat.

"Tahun kemarin selama musim liburan akhir tahun, pengunjung bisa mencapai 10.000 ribu lebih," beber Mat Khoirum.

Senada juga disampaikan Manajer objek wisata Pantai Kartini, Joko Wahyu Sutejo. Guna menyambut musim liburan akhir tahun, pihaknya melakukan perbaikan dan pembenahan sejumlah fasilitas objek wisata yang rusak.

"Pagar pembatas pantai yang rusak akibat terjangan ombak, sudah mulai kami perbaiki. Ini kami lakukan demi keamanan pengunjung," ungkap Joko.

Berkait keamanan pengunjung, Joko menambahkan, selain menambah personel TNI dan Polri, pihaknya juga melibatkan nelayan setempat. Sejumlah sajian hiburan kesenian juga telah disiapkan untuk menyambut wisatawan.

"Nanti juga ada pemutaran film keliling objek wisata," pungkas Joko.


(SUR)