Jokowi akan Tinjau Korban Banjir dan Longsor di Wonogiri dan Pacitan

Pythag Kurniati    •    Jumat, 08 Dec 2017 19:42 WIB
bencana
Jokowi akan Tinjau Korban Banjir dan Longsor di Wonogiri dan Pacitan
Bencana alam banjir dan longsor yang melanda 67 dusun dan desa yang tersebar di 18 kecamatan di kabupaten Wonogiri sejak Rabu dinihari lalu, hingga Jumat (1/12) .

Solo: Pasukan gabungan menggelar apel kesiapan pengamanan di kompleks Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Mereka antara lain terdiri dari personel TNI dan Polri.

Apel ini digelar untuk memastikan kesiapan pasukan dalam jadwal kunjungan Presiden Jokowi. Presiden, pada akhir pekan nanti, dijadwalkan mengunjungi korban bencana banjir serta tanah longsor akibat Siklon Cempaka di Kabupaten Wonogiri dan Pacitan.

Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono bertindak sebagai pemimpin apel kesiapan pasukan. "Presiden akan meninjau Wonogiri, Pacitan serta mengunjungi korban bencana yang masih mengungsi," jelas Widi, Jumat, 8 Desember 2017.

Adapun personel yang disiapkan terdiri dari TNI, Polri serta instansi lainnya. "Kalau jumlahnya masih tentatif ya, tapi pasukan yang akan diterjunkan sekitar 3.000 personel," papar Widi kepada wartawan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto mengemukakan, hingga saat ini 2.584 warga Wonogiri masih mengungsi di delapan titik pengungsian.

Siklon Cempaka mengakibatkan terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah daerah. Banjir dan longsor pun terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah. BPBD Wonogiri mencatat ada 123 desa di 23 kecamatan di Wonogiri yang terdampak bencana.


(ALB)