Brebes Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 11 Dec 2017 17:58 WIB
hak asasi manusiaham
Brebes Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM
Bupati Brebes Idza Priyanti menerima penghargaan kabupaten peduli HAM -- medcom.id/Kuntoro Tayubi

Brebes: Kabupaten Brebes mendapat predikat sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan diserahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kepada Bupati Brebes Idza Priyanti saat peringatan Hari HAM ke-69 di Solo pada Minggu, 10 Desember 2017.

"Ini penghargaan untuk masyarakat Brebes dan kami bersyukur serta bangga dengan penghargaan ini," kata Idza saat dihubungi medcom.id, Senin, 11 Desember 2017.

Idza berharap, penghargaan tersebut dapat memacu masyarakat Brebes lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap HAM. Bupati perempuan pertama di Brebes itu juga bertekad selalu memperhatikan hak-hak warganya.

Kabupaten Brebes dipandang layak menerima penghargaan peduli HAM karena telah memenuhi 83 indikator penilaian. Kesadaran masyarakat Brebes akan produk-produk hukum sangat tinggi.

Sebagai bupati, Idza telah berkomitmen memenuhi tujuh hak warga Brebes. Di antaranya terpenuhinya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, hak atas kependudukan, hak atas perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

"Tujuh kategori tersebut terdiri dari 83 indikator yang harus dipenuhi, baik data penilaian maupun dokumen pendukungnya. Penilaian tahun 2016 lebih berat dibandingkan 2015 yang hanya lima kategori penilaian dengan 17 indikator," jelasnya.

Kepala Bagian Hukum Setda Brebes Yuta Sugiharti menambahkan, penghargaan Peduli HAM 2017 berdasarkan penilaian selama 2016 yang diatur melalui Permendagri Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM. "Alhamdulillah, Brebes tiap tahun mendapatkan perhargaan sejak 2013," pungkasnya.


(NIN)