Bibit Siklon Tropis Ditemukan di Kawasan Aceh

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 02 Dec 2017 01:07 WIB
angin kencang
Bibit Siklon Tropis Ditemukan di Kawasan Aceh
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (kedua kanan). Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Sleman: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan bibit siklon baru di kawasan Aceh tepatnya di laut Andaman sebelah utara Aceh sekitar pukul 13.00 WIB pada Jumat 1 Desember 2017. Bibit dengan sebutan Siklon Tropis 93W itu memiliki kecepatan angin maksimum 56 kilometer perjam. 

"Bibit Sikon Tropis ini juga berada di luar bagian wilayah kekuasaan Indonesia. Jadi ini di bawah tanggug jawab area pemantauan (pemerintah) India," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Stasiun Klimatologi BMKG Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat 1 Desember 2017. 

Meski berada di bawah kekuasaan pemerintah India, Dwikorta menyebut dampak dari bibit siklon tropis ini bisa dirasakan di Indonesia. Namun, saat ini bibit siklon itu sudah bergerak ke arah timur dan semakin menjauhi Indonesia.

"Dan intensitasnya diperkirakan stabil. Dampaknya terhadap Indonesia diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Aceh bagian utara," ucap mantan rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini. 

Selain hujan, lanjut Dwikorita, bibit siklon tropis tersebut juga meimbulkan angin kencang dengan kekuatan lebih dari 37 meter per jam di Aceh dan Selat Malaka bagian utara. Angin kencang tersebut juga menimbulkan gelombang yang kekuatannya hingga mencapai ketingian 2,5 hingga 4 meter di perairan Lhoksumawe, perairan Sabang, dan perairan utara dan barat Aceh. 

"Serta gelombang dengan ketinggian 4 hinga 6 meter di selat Malaka bagian utara. Itu bibit Siklon yang berada tidak di wilayah Indonesia namun berdampak di wilayah Indonesia," jelasnya.


(MBM)