Tiga Partai Politik Diskusikan Saingan Ganjar Pranowo

Pythag Kurniati    •    Senin, 04 Dec 2017 02:04 WIB
pilkada 2018
Tiga Partai Politik Diskusikan Saingan Ganjar Pranowo
Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. ANT/Fahrul Jayadiputra.

Solo: Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais tak menampik calon petahana Ganjar Pranowo sebagai salah satu kandidat kuat dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Tapi, Amien yakin, pesaing Ganjar akan muncul saat pilkada bergulir.

"Saya kira Pak Ganjar sangat kuat. Tapi bukan berarti enggak bisa disaingi," terang Amien Rais di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Minggu, 3 Desember 2017.

Beberapa partai mulai melakukan komunikasi untuk mengusung kandidat pesaing. Amien menyebut, Partai Gerindra, PAN, dan PKS sedang berdiskusi untuk mengusung sosok yang punya kapabilitas sebagai pemimpin.

Tokoh baru ini, kata Amien, bisa saja menyaingi elektabilitas Ganjar yang mentereng. Beberapa nama digadang-gadangkan bertarung dalam Pilkada Jawa Timur 2018. Partai Gerindra dikabarkan mempertimbangkan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dan Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono.

"Tokoh-tokoh itu didukung Pak Prabowo. Tapi setahu saya, Jakarta masih menimbang plus minusnya," terang Amien.

Amien tak mempermasalahkan jika calon Wakil Gubernur yang diusung PAN berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Ia pun menjamin, masyarakat Muhammadiyah juga tak mempermasalahkan hal itu.

"Kami (Muhammadiyah) setuju. Sebab di Jateng jumlah anggota NU lebih tinggi daripada Muhammadiyah," jelas Amien.



(DRI)