11 Jembatan di Yogyakarta Rusak Diterjang Banjir

Antara    •    Selasa, 05 Dec 2017 07:23 WIB
banjirbencana longsor
11 Jembatan di Yogyakarta Rusak Diterjang Banjir
Ilustrasi. Jembatan yang rusak di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (30/11/2017). Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah

Gunung Kidul: Bencana banjir dan longsor menimpa Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pemerintah setempat menyebut ada 11 jembatan rusak akibat banjir dan longsor.

"Dari laporan yang masuk ada 11 jembatan yang rusak akibat terjangan banjir," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunung Kidul, Edy Praptono, seperti dilansir Antara, Selasa 5 Desember 2017.

Ia mengatakan, perbaikan jembatan rusak ditaksir membutuhkan anggaran Rp30,9 miliar. Skema pembiayaannya, lima jembatan akan dibangun pemerintah provinsi, dan sisanya dibangun dari APBD Gunung Kidul.

Eddy mengatakan, perbaikan jembatan akan memakan waktu enam hingga tujuh bulan. Makanya, agar masyarakat bisa tetap beraktivitas, kata dia, diperlukan pembangunan jalur alternatif dengan memasang bronjong penahan bahu sungai.

"Yang terpenting masyarakat bisa melintas lebih dahulu, titik rata-rata membutuhkan dana Rp1,2 miliar, dan dana tersebut nantinya akan diambilkan dari dana tanggap darurat," bebernya.

Edy mengaku telah mendata jalan yang mengalami kerusakan akibat banjir dan tanah longsor. Setidaknya ada sembilan titik jalan yang memerlukan perbaikan secepatnya, sebab beberapa jalan merupakan jalur utama masyarakat. "Untuk jalan memerlukan anggaran Rp 6,5 miliar." 

Sekda Gunung Kidul, Drajat Ruswandono, telah memerintahkan camat untuk mendata wilayahnya yang mengalami kerusakan.


(AGA)