Sekolah di Kendal Mengolaborasi Perpres Pendidikan Karakter dengan Permendikbud

Iswahyudi    •    Rabu, 08 Nov 2017 17:46 WIB
pendidikan
Sekolah di Kendal Mengolaborasi Perpres Pendidikan Karakter dengan Permendikbud
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Kendal: Sejumlah sekolah di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah telah menerapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Penerapan Perpres tersebut dikolaborasikan dengan Pasal 8 Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah.

SMK Bina Utama salah satunya. Kepala SMK Bina Utama Andi Purnomo menjelaskan, kolaborasi antara Perpres 87/2017 dengan Permendikbud 80/2015 mampu membentuk karakter anak.

"Kami mengaplikasikannya dengan mendidik siswa kami dengan ilmu kedisiplinan dan pembentukan karakter di Ponorogo, Jawa timur selama dua minggu," kata Andi di Kendal, Rabu 8 November 2017.

Menurut Andi, hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kekerasan di dalam sekolah. Para siswa, lanjutnya, juga dibiasakan untuk saling mengingatkan satu sama lain.

"Misalnya, ada siswa tidak memakain dasi. Maka, para taruna lain wajib mengingatkan. Namun, yang berhal melakukan tindakan hanya guru BP atau wali kelas. Sehingga, tidak terjadi singgungan antarsiswa," terangnya.

Sekolah lainnya adalah SMA Negeri 2 Kendal. "Sekolah kami sudah menerapkan antikekerasan, baik itu sesama siswa maupun guru terhadap siswa. Itu sudah berjalan baik." kata Yuniasih, sang kepala sekolah.

Menurut Yuniasih, sekarang tidak lagi zamannya guru melakukan kekerasan kepada muridnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menandatangani Perpres 87/2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada 6 September 2017. Perpres tersebut dinilai cukup mengakomodir kepentingan semua pihak.

Perpres Penguatan Pendidikan Karakter dimaksudkan untuk melahirkan putra-putra didik, generasi bangsa yang memiliki nilai-nilai luhur bangsa, berakhlakul karimah, serta cinta Tanah Air. Perpres ini bertujuan agar semua mengedepankan tolong menolong dan menghormati satu dengan yang lain dalam bingkai kebhinnekaan.


(NIN)