Dua Pelajar di Gunungkidul Rampok Wisatawan

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 02 Jan 2018 21:25 WIB
perampokan
Dua Pelajar di Gunungkidul Rampok Wisatawan
Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Gunungkidul: Polres Gunungkidul, DI Yogyakarta, menangkap dua orang dan menetapkannya sebagai tersangka perampokkan. Perampokan terjadi di kawasan Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul pada Minggu, 31 Desember 2017.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady mengungkap dua tersangka tersebut berinisial Fd, 17 dan Rh, 18. Keduanya merupakan warga Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.

Keduanya terbukti melakukan pencurian disertai kekerasan. Namun, petugas hanya menahan Rh. "Fh tidak kami tahan karena masih di bawah umur," katanya di Gunungkidul pada Selasa, 2 Desember 2017.

Fh dan Rh merampok dua wisatawan asal Kemalang, Jawa Tengah. Mereka merampok tas berisi uang Rp600 ribu serta dua helm miliki wisatawan tersebut.

Saat kejadian, kedua wisatawan berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Kedua pelaku kemudian diamankan warga di Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, dan diserahkan ke polisi.

Dari keduanya, polisi menemukan barang bukti sebuah tas berisi uang serta helm korban. Selain itu, polisi menjerat keduanya dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian disertai kekerasan dengan ancaman pidana penjara sembilan tahun.
 
Polisi mengambil tindakan tegas meski pelaku masih pelajar. Ia berharap tindakan tegas itu menjadi efek jera dan pembelajaran bagi pelajar yang lain.

Fuady berharap guru maupun orang tua bisa ikut peduli pada anak-anak sekolah agar terhindak dari tindakan negatif. Kepolisian, lanjutnya, juga akan terus menyosialisasikan pencegahan tidak kejahatan kepada para pelajar.
 


(SUR)