Makanan Penyebab Keracunan Diduga dari Kegiatan Posyandu

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 19 Sep 2018 20:21 WIB
keracunan makanan
Makanan Penyebab Keracunan Diduga dari Kegiatan Posyandu
IGD RSUD Kota Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Yogyakarta: Sebanyak 32 warga Kampung Lowanu RW 16, Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta dibawa ke RSUD Kota Yogyakarta diduga akibat keracunan makanan. Makanan tersebut dikonsumsi saat kegiatan Posyandu.

Slamet, seorang Kampung Lowanu, mengatakan kegiatan Posyandu dilakukan Selasa, 18 September 2018 sekitar pukul 16.00 WIB. Jenis makanan yang dikonsumsi di antaranya soto, bubur kacang hijau, dan jajanan pasar.

"Makanan (yang dikonsumsi) bukan dari rumah makan," kata Slamet di RSUD Kota Yogyakarta, Rabu, 19 September 2018.

Menurut Slamet, warga tak mengalami masalah usai mengkonsumsi makanan, baik anak-anak maupun dewasa. Namun, keluhan baru muncul keesokan harinya. Keluhan itu berupa rasa mual, sakit perut, hingga muntah.

Baca: Puluhan Orang di Yogyakarta Dievakuasi ke RS Diduga Keracunan Soto

Seorang warga yang diduga mengalami keracunan, Dwi Susanto mengaku mengkonsumsi semua jenis makanan yang diperoleh saat kegiatan Posyandu. Lelaki 16 tahun ini mengkonsumsi makanan pada malam hari.

"Saya kan tidak ikut (Posyando). Tapi dikasih (makanan) pas malam sekitar jam 19.00 WIB. Tidak ada yang aneh pas habis makan," kata dia.

Pada pagi harinya, Dwi merasa mual dan pusing. Meski begitu, ia berusaha tetap berangkat sekolah dalam kondisi itu. Karena tak tertahankan, ia dibawa ke IGD RSUD Kota Yogyakarta.

Ia merasa cukup baik kondisinya usai mendapat pengobatan dari dokter. "Sudah lumayan sehat, dibolehkan pulang," ujarnya.

Kapolsek Umbulharjo, Kompol Alaal Prasetyo mengatakan kegiatan Posyandu rutin dilakukan untuk pemeriksaan kondisi anak-anak dan lansia. Sementara, konsumsi dalam kegiatan itu berasal dari warga yang sudah terjadwal bergilir.

"Informasinya, ada warga yang mengaku curiga dengan rasanya. Ada yang aneh (pada rasa makanan)," ujarnya.

"Kami belum dapat laporan. Tapi dari pendataan di rumah sakit, sebagian sudah diizinkan pulang oleh dokter," kata dia.

Sebanyak 32 warga Kampung Lowanu RW 16 diduga mengalami keracunan dan dibawa ke RSUD Kota Yogyakarta pada Rabu, 19 September 2018. Sebagian warga sudah diizinkan pulang. Sementara, penyebab pasti keracunan masih penelitian.

 


(SUR)