Anggaran Pemberangkatan Haji di Tegal Naik

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 10 Jul 2018 17:38 WIB
Haji 2018
Anggaran Pemberangkatan Haji di Tegal Naik
Plt Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan sambutan dalam acara pelepasan calhaj asal Kabupaten Tegal di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Jawa Tengah. (Medcom.id /Kuntoro Tayubi)

Tegal: Pemkab Tegal, Jawa Tengah, menambahkan anggaran bantuan untuk proses pemberangkatan calon jemaah haji (calhaj) 2018. Nominalnya sebesar Rp380 juta. 

Plt Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, pada 2017 lalu, Pemkab Tegal melalui APBD II hanya memberikan bantuan dana sebesar Rp 870 juta. Namun kini, diberi tambahan Rp 380 juta sehingga menjadi Rp 1,25 miliar. Bantuan itu digunakan untuk calon jemaah haji asal Kabupaten Tegal yang berjumlah sebanyak 1.156 orang.
 
"Kenapa (anggarannya) kita tambah, karena setiap tahun jumlah calon haji selalu naik," kata Umi Azizah.

Dia menyebutkan, calhaj asal Kabupaten Tegal tercatat sebagai calhaj terbanyak di Jawa Tengah. Di daerah lain, jumlahnya tidak lebih dari 1.000 orang. Dengan begitu, Pemkab Tegal mengalokasikan anggaran lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Anggaran itu digunakan untuk keperluan calhaj mulai dari berangkat hingga kembali lagi ke tanah air.

"Warga Kabupaten Tegal memiliki kesadaran beragama yang cukup tinggi. Di Jawa Tengah menjadi tiga besar," ucapnya.

Menurut Umi, naiknya anggaran bantuan haji bukan karena tanpa alasan. Hal ini mengingat pertumbuhan ekonomi warga Kabupaten Tegal yang selalu naik. Bahkan, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tegal masuk lima besar di Jawa Tengah.

"Jadi, saya juga meminta agar masyarakat Kabupaten tegal semakin sadar dan taat pajak daerah," pesannya. 

Sementara, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tegal Noviyatul Farroh berharap agar calon haji tetap fokus menjaga kesehatan. "Sebelum berangkat harus jaga kesehatan. Jangan sering begadang. Terutama bagi calon haji yang usianya di atas 40 tahun," pesannya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini juga menyarankan agar calon haji menggunakan masker saaat berada di tanah suci. "Jangan sering ke luar hotel jika tidak ada kepentingan. Sebab cuaca di sana mencapai 38 drajat celcius (kalau siang). Dan malamnya dingin sekali," pungkasnya.


(ALB)