Bekraf Dorong Telur Asin Brebes Tembus Pasar Internasional

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 03 Aug 2017 12:44 WIB
badan ekonomi kreatif
Bekraf Dorong Telur Asin Brebes Tembus Pasar Internasional
Perajin telur asin di Brebes. (Antara/Umarul Faruq)

Metrotvnews.com, Brebes: Badan Kreatif Ekonomi (Bekraf) Indonesia mendorong perajin telur asin di Brebes, Jawa Tengah, melakukan pemasaran hingga ke luar negeri. Produk unggulan kota bawang ini sudah dikenal di nusantara dan berpotensi ke internasional. 

Kepala Sub Direktorat Pasar Segmen Retail Bekraf Indonesia, Noviza Dwiarti Arsyad Temenggung mengatakan untuk menembus pasar internasional para perajin harus mengetahui strategi pemasaran produk kreatif ke luar negeri. 

"Misalnya dengan produk telur asin yang berbeda cipta dan rasa serta kemasan anyaman yang unik membuat daya jualnya meningkat," katanya di Brebes, Kamis, 3 Agustus 2017. 

Bekraf memberikan pelatihan standarisasi produk kreatif pada para produsen telur asin. Tujuannya, agar telur asin punya daya jual di pasar internasional.

Saat ini yang sudah dibantu pemasaran ke luar negeri adalah batik Salem, Brebes. Karena tim Bekraf sudah turun langsung ke perajin di tempat produksinya di Bentar san Bentar Sari. 

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPRI, Abdul Fikri berharap, pelaku ekonomi kreatif di Brebes bisa mandiri dan lebih maju. Ia mendorong peran serta pemerintah daerah untuk melakukan nota kesepahaman dengan Bekraf untuk produk unggulan yang bisa ditawarkan ke mancanegara.

"Karena Bekraf ini secara regulasi masih berupa Perpres, masih menunggu RUU tentang ekonomi kreatif. Sehingga kalau tidak segera ditangkap pemda maka tidak bisa memanfaatkan," ujarnya. 


(SAN)