Tujuh Desa di Jepara Belum Cairkan DD dan ADD

Rhobi Shani    •    Kamis, 10 Aug 2017 16:23 WIB
dana desa
Tujuh Desa di Jepara Belum Cairkan DD dan ADD
lustrasi

Metrotvnews.com, Jepara: Sebanyak tujuh desa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, belum mencaiarkan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD). Sebab, tujuh desa tersebut belum mengajukan permohonan pencairan. Itu karena belum menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Desa (Apbdes) tahun anggaran 2017.

Asisten III Setda Jepara M Fattkhurrozi mengintruksikan kepada desa-desa yang belum mencairkan DD dan ADD untuk segera mempercepat proses administrasi  pencairan di tahap pertama. Tujuh desa itu diantaranya, Desa Mororejo, Bandung, Tanggultlare, Kedungmalang dan Surodadi.

"Keterlambatan ini karena lemah dalam perencanaan," ujar Fattkhurrozi, Kamis 10 Agustus 2017.

Fattkhurrozi bilang, secara umum 70 persen desa-desa di Bumi Kartini sudah menguasai tata kelola keuangan, baik DD maupun ADD. Sedangkan sisanya 30 persen masih perlu mendapatkan pendampingan lebih.

"Kepada semua pihak mulai camat, kasie Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), pendamping desa, OPD terkaiat untuk bersinergi, termasuk mengalokasikan waktu khusus, dengan turun langsung ke desa-desa," kata Fattkhurrozi.

Khusus bagi para kepala desa, Fattkurrozi menambahkan, diminta untuk lebih serius lagi mengingat potensi dan apa yang sudah dilakukan pemerintah lewat pendampingan sudah cukup banyak. Terutama dalam hal pengelolaan keuangan DD maupun ADD. Serta instrumen lain seperti APBDes.



(ALB)