770.599 Anak Mendapat Imunisasi Campak Rubella Gratis

Patricia Vicka    •    Jumat, 21 Jul 2017 13:04 WIB
imunisasi
770.599 Anak Mendapat Imunisasi Campak Rubella Gratis
Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastusi (kedua dari kiri) -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sebanyak 770.599 anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun di Yogyakarta akan mendapatkan imunisasi campak dan rubella (Measles Rubella/MR) secara gratis. Pemberian vaksin akan dilakukan dalam dua tahap.

"Tahap pertama vaksin diberikan kepada 571.398 anak usia sekolah pada Agustus. Vaksin akan diberikan di 4.812 sekolah di seluruh DIY," kata Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastusi di Yogyakarta, Jumat 21 Juli 2017.

Tahap kedua, diakukan pada September untuk anak-anak yang belum sekolah. Ada 119.201 anak balita berusia sembilan bulan hingga lima tahun yang akan mendapat imunisasi ini.

"Pemberian imunisasi untuk anak tidak sekolah dilakukan di 5.572 posyandu di seluruh DIY. Kami akan ajak Kemeterian Agama, Disdikpora, dan kelompok masyarakat untuk menyukseskan acara ini," kata Pembajun.

Menurut Pembajun, vaksinasi ini wajib diikuti seluruh anak di Yogyakarta, baik yang sudah pernah mendapatkan vaksin serupa maupun yang belum. Vaksin MR dipastikan aman diberikan kembali bagi anak yang pernah mendapatkan imunisasi serupa, asalkan ada jeda waktu empat minggu dari pemberian vaksi pertama.

"Setiap anak wajib ikut imunisasi MR tiga kali, yakni saat umur sembilan bulan, 18 bulan, dan usia lima hingga yujuh tahun," jelasnya.

Vaksinisasi MR dilaksanakan secara nasional demi menjadikan Indonesia bebas campak dan rubella pada 2020. Cirus campak dan rubella yang menginfeksi anak-anak bisa membuat demam, kulit memerah, hingga paling parah menyebabkan radang paru-paru (pnemonia) dan radang otak.

"Gejala kena campak itu demam, mata merah, timbul bintik-bintik merah, diare, batuk dan pilek. Kalau rubella gejalanya mirip tapi lebih cepat hilang," tutur Pembajun.

Dinkes DIY menargetkan, 95 persen wajib imunisasi tercapai pada 2017.


(NIN)