Calon Jemaah Haji Asal Semarang Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Mustholih    •    Kamis, 20 Jul 2017 09:06 WIB
haji 2017
Calon Jemaah Haji Asal Semarang Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Semarang: Dinas Kesehatan Jawa Tengah mengerahkan 17 petugas medis jelang penyelenggaraan ibadah Haji 2017. Mereka bertugas memeriksa kesehatan pada calon jemaah haji asal Semarang yang akan berangkat ke Tanah Suci.

"Petugas-petugas medis ini akan memeriksa kesehatan calon jemaah. Pemeriksaan meliputi kesehatan rongga tenggorokan, suhu tubuh, dan organ dalam," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo di Semarang, Rabu 19 Juli 2017.

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, Prabowo meminta para jemaah untuk menjaga kebugaran tubuh mereka. Sebab, Arab Saudi memiliki suhu udara yang lembab dan berdebu.

"Mereka rawan tertular ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) maupun virus meningitis," jelas Prabowo.

Rencananya, Dinas Kesehatan Jawa Tengah memberikan vaksin meningitis kepada calon jemaah haji pada dua pekan sebelum keberangkatan. Menurut jadwal, jemaah asal Semarang mulai berangkat pada 27 Juli 2017.

Berdasarkan data di kantor Kementerian Agama Kota Semarang, jumlah calon jemaah yang berangkat dari Ibu Kota Jawa Tengah itu sebanyak 2.108 orang. Di antara mereka, sebanyak 1.383 calon haji masuk kategori usia senja.


(NIN)