Stok Hewan Kurban di DIY Mencukupi

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 21 Aug 2017 16:50 WIB
idul adha
Stok Hewan Kurban di DIY Mencukupi
Lembar pengumuman sebagai bukti hewan kurban telah dilakukan pengecekan. (MTVN-Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kepala Bagian Analisis Kebijakan Produktivitas Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Deden Rohanawati mengatakan stok hewan kurban di Yogyakarta masih aman menjelang hari raya Iduladha 2017. Hal itu berdasarkan pemantauan yang dilakukan di tiga kabupaten, yakni Sleman, Bantul, dan Gunungkidul. 

"Insyaallah masih bisa memenuhi untuk kebutuhan kurban," kata Dede di sela pemantauan hewan kurban di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta pada Senin, 21 Agustus 2017. 

Dede mengaku belum melakukan penghitungan rinci kebutuhan hewan kurban di DIY. Menurutnya, penghitungan itu masih berjalan. 

Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian DIY, Anung Endah mengutarakan sekitar 18 ribu sapi dijadikan hewan kurban pada 2016. 18 Sapi-sapi itu disembelih di tujuh ribu titik. 

Menurutnya, tren penyembelihan hewan kurban tiap tahun terus meningkat. "Kami perkirakan tahun ini juga akan meningkat," tuturnya. Dia tak menuturkan prediksi peningkatannya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan jumlah sapi dewasa di Gunungkidul saat ini mencapai 10.147 dari populasi 150.331 ekor sapi. Sedangkan, ada sekitar 20 ribu ekor kambing dari total populasi 182.048. 

"Jumlah hewan-hewan itu tersebar di 18 kecamatan di Gunungkidul. Stok hewan kurban di Gunungkidul mencukupi," ucapnya.


(SAN)