Di Jepara, Film G30S/PKI Diputar 11 Hari

Rhobi Shani    •    Rabu, 20 Sep 2017 16:46 WIB
Di Jepara, Film G30S/PKI Diputar 11 Hari
Presiden Joko Widodo mengunjungi Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015)/ANTARA/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jepara: Kodim 0719 Jepara, Jawa Tengah, bakal memutar film G30S/PKI selama 11 hari. Pemutaran perdana dijadwalkan dilakukan di Pondok Pesantren (Ponpes) Madrasah Aliyah (MA) Darul Ulum Kalingga Kecamatan Donorojo, pada Selasa malam 19 September 2017.

Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Inf. Ahmad Basuki menyampaikan, tiap malam film G30S/PKI akan diputar di Ponpes, sekolah, dan di tengah masyarakat. “Sesui instruksi pimpinan, sudah kami mulai tadi malam sampai 30 September nanti,” ujar Basuki, Rabu 20 September 2017.
 
Pengasuh Ponpes Darul Ulum Kalingga, Ubaidillah, menyampaikan, pihaknya mengapresiasi kebijakan pemerintah memutar kembali film G30S/PKI. Pasalnya, dengan melihat tayangan film besutan Arifin C. Nor, generasi muda saat ini menjadi tahu sejarah bangsa.
 
“Kalau perlu tidak hanya setahun sekali. Saya juga sampaikan kalau perlu tiga bulan sekali film itu diputar, biar anak-anak muda sekarang tahu,” ungkap Ubaidillah yang juga menjabat Syuriah NU Jepara.
 
“Kalau generasi sekarang tidak diputarkan (film G30S/PKI) apa tahu sejarahnya. Makanya saya berharap kalau bisa di pondok saya diputarkan tiga bulan sekali,” kata Ubaidillah.
 
Disinggung berkait isi film, Ubaidillah menyatakan, bahwa kekejaman PKI nyata ada. Di tahun 1965 hingga 1966, dia mengaku turut berperang melawan PKI.
 
“Kalau kekejaman PKI memang ada, tapi kalau berkaitan dengan surat Super Semar yang hilang saya tidak berani menyebutkan film itu benar atau tidak,” pungkas Ubaidillah.
(ALB)