Kemendag Awasi Stok Bahan Pokok Jelang Natal

Pythag Kurniati    •    Jumat, 07 Dec 2018 22:41 WIB
perayaan natal dan tahun baru
Kemendag Awasi Stok Bahan Pokok Jelang Natal
Pedagang di pasar Gede, Klaten, MI - Djoko Sardjono

Solo: Kementerian Perdagangan mengawasi stok dan distribusi pangan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Selain itu, Kemendag mengawasi harga bahan pokok.

Pernyataan itu dikemukakan oleh Staf Khusus Menteri Perdagangan bidang Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Eva Yuliana dalam Rapat Koordinasi Stabilisasi Stok Bahan Pangan di Jateng.

"Stok, harga dan distribusi memang menjadi konsentrasi kita jelang Nataru (natal dan tahun baru)," ungkap Eva di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis sore, 6 Desember 2018.

Pemantauan terhadap ketiga aspek tersebut, lanjut dia, dilakukan serentak di seluruh daerah di Indonesia. Tim Kementerian Perdagangan bersama dengan Satgas Pangan dan Bulog terus melakukan penetrasi pasar ke daerah-daerah.

"Pemantauan dilakukan mulai awal,  pertengahan hingga akhir tahun," papar Eva.

Dari hasil pemantauan sejauh ini, ujarnya, Kemendag memastikan tiga aspek itu tidak menjadi kendala di daerah-daerah di Indonesia. Meski harga beberapa komoditas seperti cabai terpantau merangkak naik namun Eva memastikan kenaikan harga masih dalam batas normal.

"Andaikan ada yang merangkak naik seperti cabai itu karena pengaruh cuaca. Dan akan segera stabil setelah cuaca stabil," terang dia.

Eva meminta masyarakat tetap berbelanja secara wajar dan tidak melakukan panic buying. "Sebab tim Kemendag akan pastikan semuanya stabil," tandasnya.

Adapun Rapat Koordinasi Stabilisasi Stok Bahan Pangan di Jateng dihadiri oleh tim Kementerian Perdagangan, bulog Jawa Tengah serta seluruh kepala dinas perdagangan di Jawa Tengah. Peserta berkoordinasi mengenai kondisi stok, harga dan distribusi komoditas pangan di daerah-daerah di Jateng.



(RRN)