Ribuan Sekolah Negeri di Tegal Rusak

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 24 Nov 2016 18:17 WIB
sekolah rusak
Ribuan Sekolah Negeri di Tegal Rusak
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Tegal: Sebanyak 1.888 gedung sekolah di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah mengalami kerusakan. Sejauh ini, gedung tersebut belum diperbaiki mengingat anggaran di Kabupaten Tegal masih minim. 

"Kami sudah mengusulkan anggarannya. Insha Allah tahun depan akan diperbaiki," kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, Agus Salim, Kamis (24/11/2016).

Baca: 45 Ribu Kelas Direhabilitasi pada 2017

Kendati sudah diusulkan, tapi tidak semua gedung sekolah akan diperbaiki. Sebab, DPRD baru mengusulkan anggaran untuk gedung sekolah yang rusak berat. Agus merinci, jumlah gedung sekolah yang rusak meliputi, SD sebanyak 1.480 sekolah, dan 408 SMP. 

Khusus untuk SD, rusak ringan sebanyak 897 sekolah, rusak sedang 431 sekolah, dan rusak berat 152 sekolah. Sedangkan SMP, rusak ringan 138 sekolah, rusak sedang 231 sekolah, dan rusak berat 49 sekolah. "Itu sekolah negeri semua," ucapnya.

Menurut Agus, gedung SD yang rusak berat membutuhkan anggaran sekitar Rp13,6 miliar. Sedangkan gedung SMP Rp4,4 miliar. Sehingga jumlah anggaran yang dibutuhkan sebanyak Rp18 miliar. Namun demikian, pihaknya baru mengusulkan anggaran Rp14 miliar. 

"Untuk kekurangannya, akan kita usulkan kembali ketika ada anggaran sisa. Tapi sepertinya tidak mungkin, sebab ada pengurangan anggaran dari pemerintah pusat," ungkapnya.

Agus berharap, usulannya itu supaya direalisasi. Mengingat kondisi gedung sekolah sangat memprihatinkan. Jika tidak segera diperbaiki, menurut Agus, sangat membahayakan bagi siswa. "Gedung sekolah sudah tidak layak. Itu sangat membahayakan keselamatan siswa," pungkasnya.


(SAN)