Longsor di Brebes Tutup Jalur Bumiayu-Salem

Kuntoro Tayubi    •    Sabtu, 26 Nov 2016 11:59 WIB
longsor
Longsor di Brebes Tutup Jalur Bumiayu-Salem
Personel TNI dan Polri dibantu warga membersihkan material longsor di Brebes, Jawa Tengah. Foto: Metrotvnerws.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Bencana longsor terjadi di Brebes, Jawa Tengah. Kali ini, longsor memutus jalan raya Bumiayu-Salem, di Desa Gununglarang, Kecamatan Salem, Jumat malam 25 November 2016. Longsor terjadi akibat hujan deras yang berlangsung seharian.
 
“Sampai sekarang masih belum bisa dilewati kendaraan,” kata warga Salem, Tena Setia Winarni, 29, saat dihubungi Metrotvnews.com, Sabtu (26/11/2016).
 
Longsor terjadi pada tebing hutan Perhutani dan menutup ruas jalan Bumiayu-Salem. Material longsor berupa tanah dan pohon menutup badan jalan, sehingga tidak dapat dilintasi semua jenis kendaraan.
 
Saat ini, TNI dan Polri dibantu warga tengah membersihkan material longsor. Saat ini jalan baru bisa dilewati kendaraan roda dua. Rencananya, pembersihan akan dilanjutkan besok dengan menggunakan alat berat.

Baca: Longsor di Brebes Meluas hingga 6 Kecamatan
 
Kasi Tramtib Kecamatan Bantarkawung, Imron, mengatakan tebalnya material longsor diperkirakan sekitar satu hingga dua meter sepanjang 50 meter. Ini menyulitkan untuk dilakukan pengerukan manual.
 
“Sejak pagi sudah dilakukan upaya penanganan darurat dengan mengerahkan personel dari unsur Muspika Salem dan juga warga,” kata dia.
 
Longsor terjadi kemarin sekitar pukul 16.00 WIB di Jalan Cicalung dengan panjang 15 meter dan lebar 6 meter. Menyusul longsor sekitar pukul 18.00 WIB di Jalan Matenggeng, Desa Gununglarang, dengan panjang 8 meter dan lebar 6 meter.
(UWA)