Pelajar SMP Dibekuk saat Bawa Motor Curian ke Bengkel

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 15 Sep 2016 10:22 WIB
pencurian
Pelajar SMP Dibekuk saat Bawa Motor Curian ke Bengkel
TP saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Pemalang atas kasus pencurian, MTVN - Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Pemalang: Polisi membekuk seorang pelajar, TP, 15, gara-gara kepergok mencuri sepeda motor. Polisi menangkap TP saat membawa sepeda motornya ke sebuah bengkel di Desa Surajaya, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Kasat Reskrim Polres Pemalang AKP Haryo Seto mengatakan pencurian dan penangkapan berlangsung pada Rabu sore 14 September. Hingga berita ini dimuat, Kamis 15 September, TP menjalani pemeriksaan di Mapolres Pemalang.

"Kemarin, TP mendatangi tempat parkir di Pasar Paduraksa. Ia melihat sepeda motor korban yang tak dikunci setang," kata Haryo di Mapolres Pemalang.

Niat buruk pun muncul di benak TP. Siswa SMP itu lalu mendekati sepeda motor Yamaha Mio. Ia lalu menuntun sepeda motor keluar dari area parkir.

Korban yaitu Murni dan Romadiyah yang keluar dari pasar. Mereka terkejut lantaran tak menemukan sepeda motor bernomor polisi B 3796 NTH di area parkir.

Keduanya lalu mencari sepeda motor. Beberapa warga mengatakan melihat sepeda motor dibawa seseorang ke arah barat.

Keduanya lantas menyusuri arah tersebut. Lalu mereka menemukan sepeda motor di sebuah bengkel berikut tersangka pencurian.

"Bengkel tak jauh dari lokasi pencurian," lanjut Haryo.

Kedua korban dan warga kemudian membawa TP ke kantor polisi. TP mengaku baru kali itu mencuri.

"Motifnya kenakalan remaja," ujar Haryo.

Menurut Haryo, TP belum sempat menjual barang curiannya. Selain itu, usia TP masih anak-anak. Lantaran itu penyidik akan mengupayakan diversi yaitu mengalihkan proses hukum dari peradilan pidana ke luar pidana.


(RRN)