PAN Pertimbangkan 3 Nama Bakal Cagub Jateng

Pythag Kurniati    •    Jumat, 27 Oct 2017 13:00 WIB
pilgub jateng 2018
PAN Pertimbangkan 3 Nama Bakal Cagub Jateng
Ketua MPR Zulkifli Hasan usai memberi kuliah kebangsaan di UMS Kartasura, Sukoharjo, Jumat 27 Oktober 2017, MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Sukoharjo: Partai Amanat Nasional (PAN) mempertimbangkan tiga nama yang bisa diusung dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Ketiganya bukan kader PAN.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam kunjungan kerjanya di Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat 27 Oktober 2017. Namun, lanjtu Zulkifli, pertimbangan itu belum final.

“Ada tiga nama yaitu Sudirman Said, Marwan Jafar, Ganjar Pranowo. Ketiganya berasal dari luar partai," ujar Zulkifli usai memberikan kuliah kebangsaan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sukoharjo.

PAN juga menyiapkan sejumlah nama dari partai untuk bakal calon Wagub Jateng. Dua nama muncul dalam bursa itu yaitu Bendahara PAN Nasrullah dan Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan.

Zulkifli menegaskan partainya tidak menutup kemungkinan berkoalisi dengan partai manapun. “Semua kemungkinan bisa (berkoalisi),” papar dia.

PAN mengaku juga akan menggelar survey agar bakal calon yang diusung sesuai dengan yang diharapkan oleh rakyat Jawa Tengah.

“Bulan depan saya survei, tanya rakyat Jateng maunya yang mana. Siapa yang diinginkan masyarakat, itu yang kita dukung,” pungkas Zulkifli.

Sudirman Said merupakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menjabat sejak 2014 sampai dengan 2016. Ia dikenal sebagai tokoh antikorupsi. Ia merupakan Pendiri dan Ketua Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia

Sementara Marwan Jafar adalah Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Serupa dengan Sudirman, masa jabatan Marwan berakhir pada Juli 2016. Marwan merupakan politikus Partai Kebangkitan Bangsa.

Sedangkan Ganjar kini masih menjabat sebagai Gubernur Jateng. Ia merupakan politikus PDI Perjuangan dan berpeluang maju kembali dalam Pilgub Jateng sebagai calon petahana.



(RRN)