Siklon Tropis Cempaka

Warga Korban Banjir Bantul Telah Pulang dari Pengungsian

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 04 Dec 2017 19:46 WIB
tanah longsorcuaca ekstrembencana alambencana banjirsiklon tropis cempaka
Warga Korban Banjir Bantul Telah Pulang dari Pengungsian
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Bantul: BPBD Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan para pengungsi korban banjir akibat Siklon Tropis Cempaka telah pulang dari pengungsian. Warga terdampak banjir kembali ke rumah masing-masing setelah mengungsi sejak 29 November 2017.

"Warga korban banjir sudah balik dari pengungsian terhitung hari ini," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto saat dihubungi pada Senin, 4 Desember 2017.

Di Bantul, diperkirakan ada sekitar 12 ribu korban terdampak banjir yang sempat mengungsi. Menurut Dwi, warga mulai melakukan pembersihan pascabencana banjir terjadi, khususnya rumah yang berdekatan dengan sungai.

Dwi mengaku terus memantau perkembangan warga terdampak bencana. Menurutnya, sumur warga terdampak banjir juga sudah disedot agar bisa memenuhi kebutuhan air bersih.

(Klik: Warga Terdampak Banjir di Bantul Kesulitan Air Bersih)

"Kami masih terus keliling memantau dampak banjir dan mengupayakan penanganan," kata dia.

Hal yang diperlukan saat ini adalah bantuan peralatan kerja bakti. Peralatan kerja bakti diperlukan untuk membersihkan dampak banjir yang meninggalkan lumpur. BPBD tak bisa menanggung seluruh beban penanganan pascabanjir.

BPBD memiliki tugas membantu rumah warga terdampak banjir yang mengalami kerusakan. Bantuan diutamakan bagi warga yang rumahnya roboh. "Yang ini masih pendataan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Wunut, Desa Sriharjo, Sugiyatno mengatakan warganya juga sudah pulang ke rumah masing-masing. Ia menyebut ada puluhan warganya yang sempat mengungsi.

"Penduduk di sini sudah bisa pulang mulai malam tadi. Warga mulai bersih-bersih rumahnya," kata dia.

(Baca: Kerugian Akibat Banjir di Bantul Ditaksir Melibihi Rp5 Miliar)


(SUR)