Kabupaten Tegal Terima 8.000 Blangko KTP-el

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 02 Nov 2017 19:08 WIB
e-ktp
Kabupaten Tegal Terima 8.000 Blangko KTP-el
Warga sedang melakukan perekaman KTP Elektronik di Tegal, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Pemerintah pusat menggelontorkan blangko KTP Elektronik (KTP-el sebanyak 8.000 keping ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal. Blangko tersebut, untuk masyarakat yang sudah melakukan perekaman data.  

"Setelah ada tambahan blangko ini, kita langsung buka layanan SMS Gateway untuk pencetakan KTP-el," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Tegal Salu Panggalo, Kamis, 2 November 2017.

Dia menyatakan, layanan pencetakan KTP-el tetap dilakukan melalui SMS Gateway. Warga harus secepatnya mendaftar lebih dulu agar KTP-el nya bisa segera dicetak. Setelah mendaftar dan mendapatkan jawaban kapan KTP-el bisa dicetak dari petugas melalui SMS, pemohon diberi waktu dua hari untuk mengambil KTP-el yang sudah bisa dicetak di kantor Disdukcapil.
 
Apabila dalam kurun waktu 2 hari sejak diterimanya jawaban SMS pemohon tidak datang, maka kuota tersebut hangus dan akan diberikan kepada pemohon yang lain via SMS.

"Target kami per hari seribu pemohon pencetakan KTP-el bisa divalidasi. Ini agar blangko yang ada segera habis dicetak dan segera dapat alokasi dropping blangko kembali dari pemerintah pusat," ujarnya.

Adapun format SMS yang dikirimkan ke layanan SMS Gateway dengan nomor telephon 085700022273 pada jam kerja yakni DAFTAR#NIK#No.KK. Warga yang sudah berhasil mendaftar akan memperoleh balasan SMS "Berhasil” dan selanjutnya diminta datang ke kantor Disdukcapil Kabupaten Tegal dengan menunjukkan bukti SMS dan membawa‎surat keterangan (suket) KTP-el serta foto copy KK. ‎

"Kami dapat tambahan blangko ini dari Kementerian Dalam Negeri," pungkasnya.


(ALB)