Dua Orang Tewas Tertimbun Longsor di Wonogiri

Pythag Kurniati    •    Rabu, 29 Nov 2017 19:10 WIB
banjirlongsor
Dua Orang Tewas Tertimbun Longsor di Wonogiri
ilustrasi Metrotvnews.com

Wonogiri: Meluasnya Siklon Tropis Cempaka berdampak pada cuaca ekstrem seperti banjir dan tanah longsor. Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menjadi salah satu wilayah yang terdampak.

Di Wonogiri, longsor yang terjadi menelan korban jiwa. Dua orang warga ditemukan meninggal tertimbun longsoran. Keduanya merupakan anak dan ibu. 

"Keduanya merupakan warga Bengle RT 2 RW 5 Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto, Rabu, 29 November 2017.

Bambang mengungkapkan, Dua korban itu yakni Sri Wati, 40 dan ibunya Suyati, 60. Kejadian longsor terjadi pada Selasa, 28 November 2017. "Awalnya ada tiga warga yang saat banjir dan longsor belum diketahui keberadaannya," ujar Bambang.

Kemudian, satu orang diketahui keberadaannya tengah berada di rumah kerabatnya. Namun dua orang lainnya masih belum kunjung muncul. "Dari dugaan satu orang ini, dua warga itu tertimbun longsor di rumahnya di Tirtomoyo, Wonogiri," paparnya. 

Benar saja, saat petugas melakukan pencarian, kedua orang tersebut ditemukan dalam kondisi meninggal lantaran tertimbun longsoran. 

Bambang menambahkan, relawan, warga sekitar dan personel BPBD melakukan evakuasi pada Rabu, 29 November 2017. Evakuasi, lanjutnya, sempat terkendala akses ke tempat kejadian.

"Lokasinya memang sempat tidak terjangkau lantaran Tirtomoyo juga terdampak banjir. Hal itu sempat menjadi kendala," jelas dia.

Ia mengaku, saat ini evakuasi korban telah rampung. "Korban sudah kami serahkan ke keluarga," pungkasnya.

Selain longsor, banjir juga meluas di 18 kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Berdasarkan data BNPB terdapat 68 titik lokasi banjir dan longsor di wilayah Wonogiri, Jawa Tengah.


(ALB)