Tegal Luncurkan PBB Elektronik Pertama di Jawa Tengah

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 20 Dec 2017 19:57 WIB
perizinanpelayanan publik
Tegal Luncurkan PBB Elektronik Pertama di Jawa Tengah
Pimpinan Cabang Bank Jateng Slawi, Yuli Prabowo (kanan) foto bersama Bupati Tegal Enthus Susmono dan sejumlah camat yang mendapatkan predikat terbaik dalam pelunasan PBB. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Tegal: Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BP2D) Kabupaten Tegal menciptakan terobosan, yaitu pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan secara elektronik (e-PBB). Pembayaran ini dapat dilakukan melalui aplikasi gawai.
 
"Program e-PBB ini kali pertama di Jateng, karena daerah lainnya belum ada yang menggunakannya," kata Bupati Tegal, Enthus Susmono saat sambutannya di acara undian hadiah lunas PBB sebelum jatuh tempo tingkat Kabupaten Tegal dan launching e-PBB, Rabu, 20 Desember 2017.
 
Terobosan ini diciptakan oleh salah satu pegawai BP2D Kabupaten Tegal, Kulubis. Program e-PBB dinilai mampu mempermudah masyarakat untuk membayar PBB. Via aplikasi, pemilik tanah di Kabupaten Tegal yang tinggal di luar kota bisa mengurus PBB secara daring.

Bupati juga mengapresiasi Kepala BP2D M Sholeh yang sudah mampu mendongkrak pendapatan PBB hingga melebihi target. Realisasi PBB untuk tahun 2017 mencapai Rp25,9 miliar atau sekitar 103,73 persen dari target sebesar Rp25 miliar.
 
Aplikasi yang dibuat salah satu PNS di lingkungan Pemkab Tegal ini menggunakan sistem pembayarannya mobile banking semua bank yang ada di Indonesia.
 
"Di jajaran Bank Jateng se Pulau Jawa, ini juga yang pertama pemberlakukan e-PBB melalui smartphone. Pembayaran PBB di Kabupaten Tegal melalui Payment Point Online Bank (PPOB) juga yang pertama di Jateng," kata Pimpinan Cabang Bank Jateng Slawi Yuli Prabowo.
 
Pembayaran PBB di Kabupaten Tegal semakin mudah dan lancar.
(SUR)