Mercon Meledak, Tiga Orang Terluka

Tosiani    •    Kamis, 23 Nov 2017 17:11 WIB
bom meledak
Mercon Meledak, Tiga Orang Terluka
ilustrasi Metrotvnews.com

Temanggung: Bahan mercon seberat 250 gram meledak di sebuah rumah kos di Temanggung, Jawa Tengah. Ledakan mengakibatkan Sutiyah Slamet, 37; Khaerudin, 27; dan Dani Prasmawati, 30, menderita luka bakar serius.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Temanggung, Ajun Komisaris Besar (AKB) Maesa Soegriwo, mengatakan, mercon itu meledak Rabu 22 November 2017 malam, di kos di Dusun Pandesari, Kelurahan Parakan Wetan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

"Bahan peledak itu milik Khaerudin yang bekerja sebagai karyawan koperasi Cemara Dana di Parakan. Bahan itu dibeli dari rekan kerjanya, Arifin,26, Juni lalu untuk dibuat mercon dan dijual menjelang lebaran," kata Maesa.

Menurut Maesa, ketika itu Khaerudin membeli obat mercon 500 gram seharga Rp150 ribu. Setelah di buat mercon terdapat sisa mercon 250 gram yang disimpan di dalam karung bersama kabel bekas radio rusak dan di letakkan di kamar kosnya. 

Tapi, Khaerudin terlibat cekcok dengan pacarnya Sutiyah Slamet. "Dalam cek cok tersebut, karung yang berisi obat mercon dibanting empat kali oleh Sutiyah hingga akhirnya meledak," kata Maesa.

Kejadian itu membuat Khaerudin mengalami luka sobek di sejumlah muka dan pundak, serta luka lecet (luka bakar grade 1) lainnya. Sementara Sutiyah Slamet juga mengalami luka sobek di atas alis kiri, jari-jari, dan luka melepuh di tangan. Bahkan seluruh rambut kepalanya terbakar, dan pendengaran berkurang. 

"Sutiyah dan Khaerudin masih dirawat di RS PKU Muhamadiyah, kalau korban lainnya Dani sudah pulang. Pada mata sebelah kiri, di duga kemasukan benda asing," ujar Maesa.

Adapun di tempat kejadian, kos mengalami kerusakan di plafon ternit, genteng, kaca jendela rumah, serta terdapat lubang pada lantai akibat ledakan tersebut, barang-barang yang ada di dalam berserakan.

"Kami langsung menghubungi Jibom Brimob Polda Jateng, Inavis Polda Jateng dan Labfor Cabang Semarang untuk olah TKP."


(ALB)