10 Parpol di Solo Masih Harus Perbaiki Syarat Administrasi

Pythag Kurniati    •    Jumat, 17 Nov 2017 12:01 WIB
pemilu serentak 2019
10 Parpol di Solo Masih Harus Perbaiki Syarat Administrasi
Komisioner KPU Surakarta menyampaikan hasil penelitian administrasi kepada parpol -- MTVN/Pythag Kurniati

Solo: Sebanyak empat partai politik (parpol) dinyatakan lolos oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta tanpa harus merevisi syarat administrasi. Sedangkan, 10 parpol lainnya masih harus memperbaiki syarat administrasi.

Komisioner KPU Surakarta Bagian Hukum, Pencalonan, dan Kampanye Nurul Sutarti menjelaskan, perbaikan syarat administrasi yang harus dilakukan terkait identitas keanggotaan parpol. Usia dan pekerjaan anggota parpol ada yang tidak memenuhi syarat.

"Usianya ada yang belum 17 tahun. Ada juga yang statusnya sebagai TNI, Polri, maupun ASN (Aparatur Sipil Negara). Otomatis kita coret," kata Nurul di Solo, Jawa Tengah, Kamis, 16 November 2017.

Menurut Nurul, KPU Surakarta juga melakukan verifikasi faktual terhadap identitas ganda. Orang yang bersangkutan didatangi untuk diverifikasi kebenarannya.

Hingga saat ini, KPU Surakarta telah memverifikasi 175 anggota parpol. "Hasilnya, ada yang memenuhi syarat ketika yang bersangkutan mengakui sebagai anggota partai. Ada juga yang tidak memenuhi syarat karena yang bersangkutan tidak mengakui anggota partai," ungkap Nurul.

Saat verifikasi faktual, lanjut Nurul, pihaknya beberapa kali tidak menemukan orang yang bersangkutan. Ternyata, yang bersangkutan pindah rumah, ada juga yang sudah meninggal.

KPU memberikan waktu hingga 1 Desember 2017 kepada parpol untuk memperbaiki berkas. Hingga hari ini, Jumat, 17 November 2017, KPU membuka pintu bagi parpol yang ingin berkonsultasi.


(NIN)