Pemda DIY Belum Bisa Tindak HTI

Patricia Vicka    •    Kamis, 20 Jul 2017 17:33 WIB
pembubaran htiperppu pembubaran ormas
Pemda DIY Belum Bisa Tindak HTI
Spanduk bertuliskan HTI DIY tergeletak di samping rumah di jalan Langenastran Lor, PB 3 Nomor 117, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Daerah Istimewa Yogyakarta belum menerima surat tertulis soal pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Padahal surat ini diperlukan sebagai landasan hukum pemerintah melakukan tindakan. 

"Kami tidak bisa sembarang bertindak," kata Kepala Badan Kesbangpol DIY Agung Supriyono di kompleks kepatihan Yogyakarta, Kamis, 20 Juli 2017.

Baca: Delapan Dosen UGM jadi Pengurus dan Simpatisan HTI

Bila surat tembusan diterima, pihaknya akan koordinasi dengan kepolisian untuk menertibkan HTI. "Tugas kami hanya memverifikasi dan mengawasi. Yang bisa mengehentikan atau menertibkan kegiatan  kepolisian," katanya sembari bilang sudah koordinasi dengan Polda DIY kemarin.

Sementara, sekretariat HTI DIY di jalan Langenastran Lor, PB 3 Nomor 117, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, sepi aktivitas. Penanda yang merujuk pada HTI telah diturunkan, termasuk spanduk.

Baca: HTI Yogya Tutup Kantor

Juru bicara HTI DIY Yusuf Mustakim mengatakan masih menunggu keputusan dari pimpinan HTI pusat. Ia enggan memberitau keberadaan dan jumlah seluruh anggota HTI di DIY.


(SAN)