Lalu Lintas di Bawah Fly Over Janti Bantul bakal Ditutup

Patricia Vicka    •    Senin, 25 Sep 2017 15:53 WIB
lalu lintas
Lalu Lintas di Bawah Fly Over Janti Bantul bakal Ditutup
Perlintasan kereta api Janti bakal diuji coba untuk ditutup pada 12 Oktober 2017 sehingga kendaraan tak boleh lagi melintasi kawasan di bawah flyover itu, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah bakal menutup perlintasan kereta api di bawah jembatan layang atau fly over daerah Janti, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Keputusan itu sesuai dengan instruksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menutup semua  perlintasan di bawah fly over.

Kepala Bidang Perhubungan Udara dan Keselamatan Transportasi Dishub DIY, Didit, mengatakan melakukan uji coba penutupan perlintasan pada 12 Oktober 2017. Sedianya perlintasan itu dilewati kereta dari arah Banguntapan, Bantul menuju Depok, Sleman.

"Mau diuji coba dulu penutupan 12 Oktober besok. Dalam rangka sosialisasi juga ke masyarakat," ujar Didit di sela memantau lalu lintas di bawah fly over jembatan Janti, Senin 25 September 2017.

Penutupan perlintasan, lanjut Didit, bertujuan mengurangi tingkat kecelakaan. Bila ditutup, arus lalu lintas diarahkan ke jembatan layang. Lantaran itu, ia juga mengecek konstruksi jembatan: apakah sudah siap menampung kendaraan dalam jumlah banyak atau tidak.

"Karena fly over ini memang dibangun untuk mengalihkan lalu lintas kendaraan di bawah," lanjut Didit.

Dishub juga berencana mengujicoba penutupan perlintasan kereta di Sentolo, Kulonprogo. Dishub, lanjut Didit, akan memasang spanduk sosialisasi penutupan di sekitar kawasan.

Pantauan Metrotvnews.com, lalu lintas di bawah fly over ramai. Pengendara melintas dari arah Jalan Adisucipto menuju Ringroad Timur di Banguntapan, Janti, dan sebaliknya. Di sekitar pintu perlintasan, tenda dan gerobak pedagang kaki lima berjejer.



(RRN)