Kabupaten Tegal Raih Piala Adipura

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 03 Aug 2017 19:56 WIB
adipura
Kabupaten Tegal Raih Piala Adipura
Bupati Tegal Enthus Susmono menunjukkan Piala Adipura yang diraihnya. (Metrotvnews.com /Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, kembali meraih Piala Adipura dengan kategori Kota Kecil Slawi. Piala diterima Bupati Tegal Enthus Susmono dalam puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) yang dipusatkan di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Jakarta.  

Bupati Tegal Enthus Susmono mengatakan, piala Adipura 2017 ini merupakan piala ke 6 yang diraih Kabupaten Tegal. setelah sebelumnya pernah diraih di tahun 1995, 1996, 1997, 2012 dan 2013.

Menurut Enthus, ada 15 komponen yang menjadi penilain pada raihan penghargaan tersebut. Antara lain, perkantoran, sekolah, pertokoan, jalan, rumah sakit dan puskesmas, hutan kota, saluran terbuka atau sungai, perumahan, ruang terbuka hijau (RTH), pasar, bank sampah, tempat pembuangan akhir (TPA), tempat pengolahan sampah terpadu (TPST), pengolahan sampah informal, dan terminal bis.

"Dari 15 komponen itu, Kabupaten Tegal meraih nilai lebih dari 75," kata Enthus Susmono, saat ditemui di kantornya, Kamis, 3 Juli 2017. 

Dengan raihannya itu, Enthus mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah menyukseskan program Pemkab Tegal. Termasuk dunia usaha, TNI-Polri, dan semua jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dia berharap, prestasi ini harus ditingkatkan atau minimal dipertahankan. 

"Untuk mempertahankan Adipura memang cukup berat, karena harus menjaga nilai fisik dan non fisik. Itu akan dipantau setiap lima bulan sekali," ucapnya.

Enthus menjelaskan, Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil mengelola kebersihan lingkungan perkotaan. Adipura merupakan program kerja KLHK yang bertaraf nasional. Tujuan adipura ini, untuk mewujudkan wilayah yang berwawasan lingkungan menuju pembangunan yang berkelanjutan. 

Selain itu, program ini juga sebagai upaya untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dalam membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha. Sehingga dapat mewujudkan wilayah yang berkelanjutan secara ekologis, sosial dan ekonomi.

Program Adipura ini dikelompokkan berdasarkan kategori fungsional. Mulai dari kota kecil, kota sedang, kota besar hingga kota metropolitan. Untuk Kota Slawi masuk kategori kota kecil dengan jumlah penduduk 71.612 jiwa.

"Jumlah penduduk dibawah 300 ribu jiwa itu merupakan kota kecil," imbuhnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Agus Subagyo mengatakan, piala Adipura ini akan dikirab keliling Kota Slawi pada Rabu 9 Agustus. Kirab diawali dari Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Tegal dan finish di Kantor Pemkab Tegal.

Kirab akan dikawal oleh sejumlah SKPD, pelajar, pramuka dan masyarakat dengan menggunakan kereta kencana. Diharapkan, masyarakat Kota Slawi menyaksikan acara kirab itu.

"Kesuksesan ini karena dibantu oleh masyarakat Kabupaten Tegal dengan kepemimpinan Enthus-Umi," ujarnya. 


(ALB)