ORI DIY Minta Disdikpora Selesaikan Sengketa Sekolah Bhineka

Patricia Vicka    •    Selasa, 18 Jul 2017 14:56 WIB
pendidikan
ORI DIY Minta Disdikpora Selesaikan Sengketa Sekolah Bhineka
Kegiatan siswa-siswi sekolah di bawah Yayasan Bhinneka Tunggal Ika di Ndalem Notoprajan. (MTVN-Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Perselisihan pihak sekolah Bhinneka Tunggal Ika dengan yayasan sudah dilaporkan ke Ombudsman RI Perwakilan (ORI DIY). Pihak-pihak yang bersengketa akan dipertemukan untuk menyelamatkan pelayanan pendidikan.

Kepala ORI DIY Budhi Masthuri mengatakan kepala sekolah dan komite telah melaporkan sengketa pada Rabu pekan lalu. Dia memastikan bakal segera memanggil pihak yang bersengketa, termasuk dinas pendidikan.

"ORI DIY mempertimbangkan kemungkinan untuk menyelenggarakan mediasi yang melibatkan yayasan, pengelola sekolah dan dinas pendidikan," tutur Budhi di Yogyakarta, Selasa, 18 Juli 2017.

Baca: Murid Sekolah Bhineka Tunggal Ika Telantar karena Konflik Yayasan

Dalam kasus ini, ORI menilai pelayanan pendidikan ditelantarkan akibat sengketa. Dampaknya, proses belajar mengajar siswa terganggu. 

ORI berharap Pemda DIY melalui Disdikpora turut campur tangan menyelesaikan persoalan ini. Terutama mencari solusi persoalan kegiatan belajar mengajar.

"Dinas Pendidikan juga perlu memberikan perhatian untuk menyelesaikan aspek pelayanan pendikannya," kata Budhi.

Konflik yayasan mengakibatkan puluhan siswa tingkat SD- SMA di bawah Yayasan Bhineka Tunggal Ika belajar di kediaman salah satu keluarga Keraton Yogyakarta. Bangunan sekolah di Jalan Kranggan No 11 Jetis kota Yogyakarta dikuasai oleh oknum pengurus yayasan.

Sekretaris yayasan, M Achadi menuding ada maladministrasi dan penyelewengan dalam peroses manajemen yayasan.


(SAN)