Cara Pemkab Kendal Ajak Warganya Hidup Sehat

Iswahyudi    •    Sabtu, 29 Jul 2017 15:43 WIB
pemda
Cara Pemkab Kendal Ajak Warganya Hidup Sehat
Kesepakantan untuk membudayakan hidup sehat di Alun-alun Kendal, Jawa Tengah -- MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Pemerintah Kabupten Kendal mengajak warganya membudayakan hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Melalui Germas, kebiasaan dan perilaku tak sehat akan diubah dengan melakukan berbagai aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

"Germas ini adalah gerakan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah," kata Kepala Dinkes Kendal Sri Mulyani di Alun-alun Kendal, Sabtu 29 Juli 2017.

Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur mengatakan, Germas harus dimulai dari keluarga. Sebab, keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

"Mari memulai hidup sehat di lingkungan terkecil kita, saat ini juga," ujar Masrur.

Pada kesempatan itu, Masrur juga mengingatkan kepada para orang tua untuk memberikan imunisasi Measles Rubella (MR) kepada anak-anaknya pada Agustus-September. Imunisasi ini sebagai upaya memutus penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai 16 tahun.

"Mari kita manfaatkan program pemerintah ini agar anak-anak kita bebas dari penyakit campak dan rubella. Silahkan datang ke Posyandu, Puskesmas, dan sarana kesehatan lainnya. Vaksin juga akan diberikan di sekolah-sekolah," pungkasnya.


(NIN)