HUT ke-72 Kemerdekaan RI

Warga Pekalongan Membentangkan Bendera Sepanjang 1.000 Meter

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 15 Aug 2017 11:22 WIB
hut kemerdekaan
Warga Pekalongan Membentangkan Bendera Sepanjang 1.000 Meter
Bendera sepanjang 1000 meter terbentang di Kelurahan Pekajangan, Kecamatan Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Pekalongan: Bendera merah putih sepanjang 1.000 meter dibentangkan tanpa putus oleh warga gang 23, Kelurahan Pekajangan, Kecamatan Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah. Bentangan bendera merah putih ini adalah bagian dari perayaan HUT ke72 Kemerdekaan RI.

"Sebenarnya lebih dari 1.000 meter, tapi yang terpasang cuma 1.000 meter keliling kampung. Bendera selebar 1,2 meter dibentangkan di atas jalan perkampungan warga," kata Baehaqi, tokoh pemuda di Pekajangan, Selasa 15 Agustus 2017.

Menurut Baehaqi, ide pemasangan bendera sepanjang 1.000 meter ini bermula dari pemuda. Ide ini kemudian mendapat dukungan dari warga yang langsung mengumpulkan iuran secara sukarela.

"Pemasangan bendera sepanjang 1.000 meter ini adalah simbol persatuan dan kesatuan yang tidak akan putus selama bendera merah putih masih berkibar di Republik Indonesia," jelas Baehaqi.


Foto Presiden Soekarno ikut dipasang untuk memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Guna memeriahkan HUT RI, warga juga memasang sejumlah foto pahlawan nasional serta foto seluruh Presiden Indonesia. "Kalau yang poster pahlawan tujuannya agar kaum muda lebih mengenal dan mengetahui pahlawan-pahlawan yang berkorban untuk meraih kemerdekaan," lanjut Baehaqi.

Rencananya, kata Baehaqi, tradisi membentangkan bendera dijadikan agenda tahunan di Kelurahan Pekajangan. Bahkan, bentangan bendera akan bertambah hingga lebih dari 1.000 meter.

"Insya Allah tahun depan lebih panjang lagi. Akan ditambahkan juga lampu-lampu hias, agar lebih meriah," pungkasnya.


(NIN)