Yogya Sediakan Ambulans Gratis Korban Kecelakaan Mudik

Patricia Vicka    •    Sabtu, 17 Jun 2017 18:00 WIB
mudik lebaran 2017
Yogya Sediakan Ambulans Gratis Korban Kecelakaan Mudik
Foto ilustrasi. (Ant/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemudik yang mengalami kecelakaan di wilayah Kota Yogyakarta bisa meminta ambulans gratis. Pemerintah kota Yogyakarta mendirikan posko layanan kegawatdaruratan Yogyakarta Emergency Services (YES) selama musim mudik lebaran 2017.

Plh Kepala Dinas Kesehatan DIY Agus Sudrajat menjelaskan Posko Yes dibuka mulai pekan depan. Dinkes bekerja sama dengan seluruh rumah sakit dan Puskesmas di Kota Yogyakarta. Posko ini bertugas memberi pertolongan pertama pada kecelakaan dan orang sakit selama musim mudik lebaran.

Saat mengalami kecelakaan, Agus menjelaskan pemudik segera menelepon ke posko YES di (0274) 420118/119 untuk meminta ambulans gratis. Petugas di posko segera menghubungi rumah sakit atau puskesmas terdekat dengan lokasi kecelakaan dan segera mengirimkan ambulans.

"Ambulans akan datang sekitar 10-30 menit ke lokasi kejadian. Ia akan mengantarkan korban kecelakaan ke rumah sakit terdekat. Biaya penjemputan dan penanganan awal gratis, ditanggung pemkot," tutur Agus melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Sabtu, 17 Juni 2017.

Posko YES dilengkapi dua ambulans serta lima dokter, 12 perawat dan 6 pengemudi yang bertugas selama 24 jam secara bergantian.

Hal ini untuk merespons jika rumah sakit kewalahan menangani pasien. "Jadi kalau ambulans di rumah sakit penuh, Posko Yes akan menurunkan ambulans dan tim medis sendiri untuk menangani korban kecelakaan," tegasnya.

Selama musim mudik Lebaran, dua puskesmas yakni Puskesmas Jetis dan Tegalrejo serta RS Pratama Kota Yogyakarta tetap buka selama 24 jam. Sementara Puskesmas lainnya hanya libur dua hari saat hari raya Idulfitri.


(SAN)