Siswa SD Bacakan Puisi untuk Presiden

Lis Pratiwi    •    Sabtu, 17 Jun 2017 21:20 WIB
presiden jokowi
Siswa SD Bacakan Puisi untuk Presiden
Presiden Joko Widodo mendengarkan Nabila, siswa SD di Wonosobo menunjukkan keahliannya dalam macapat (tembang tradisional). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman

Metrotvnews.com, Wonosobo: Seorang siswa kelas 3 Sekolah Dasar (SD), Iriawan membacakan puisi bertema sepeda untuk Presiden Joko Widodo. Peristiwa ini terjadi saat penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Gedung Sasana Adipura, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu 17 Juni 2017.

Aku suka bermain sepeda setiap hari
Bermain bersama teman-temanku
Dan aku membeli sepeda
Aku bermain sepeda di halaman rumahku
Dan aku bermain sepeda kalau tidak hujan
Setelah bermain sepeda aku tidur
Dan aku makan
Dan aku mandi
Setelah mandi aku ganti baju

 
Demikian bunyi puisi Iriawan. Presiden pun memuji keberanian Iriawan usai ia membacakan puisi tersebut. “Pintar sekali, sudah sepedanya diambil. Puisinya pintar banget, biar dapat sepeda, puisinya aku main sepeda,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers yang diterima Metrotvnews.com.

Iriawan membacakan puisi karena Presiden meminta pelajar yang memiliki keterampilan untuk menunjukkan kebolehannya.  Selain Iriawan, tampil pula Muhammad Riki yang memperagakan pencak silat dan Nabila yang memiliki keahlian macapat, tembang tradisional Jawa. Keduanya pun mendapat hadiah sepeda.

Dalam kesempatan ini, presiden membagikan 1054 KIP. Sebanyak 432 kartu dibagikan untuk siswa SD, 141 kartu untuk siswa SMP, 132 kartu untuk siswa SMA dan 239 kartu untuk siswa SMK. Untuk Paket A dan Paket B masing-masing mendapat 5 kartu dan 15 kartu.

Selain itu presiden juga memberikan dana bantuan kepada para pelajar tingkat SD sebesar Rp450 ribu per tahun. Untuk pelajar SMP, diberikan Rp750 ribu. Sedangkan untuk tingkat SMA maupun SMK, diberikan dana bantuan sebesar Rp1 juta per tahun.


(SUR)