Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Jateng-DIY Sujud Syukur

Pythag Kurniati    •    Kamis, 07 Sep 2017 15:14 WIB
haji 2017
Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Jateng-DIY Sujud Syukur
Mengekspresikan kebahagiaan lantaran tiba di Tanah Air, haji Jawa Tengah DIY sujud syukur, Kamis, 7 September 2017. Foto: MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Boyolali: Tangis haru mengiringi kedatangan jemaah haji kloter pertama Jawa Tengah-Yogyakarta dari Tanah Suci. Sebagian dari mereka bahkan spontan melakukan sujud syukur setelah turun dari pesawat.

Kloter pertama jemaah haji asal Jateng DIY tiba di Bandara Adi Soemarmo pada Kamis, 7 September 2017 sekitar pukul 09.40 WIB. Mereka diterbangkan dengan pesawat bernomor penerbangan GA6530.

"Bahagia tak terkira. Alhamdulillah bisa menginjakkan kaki lagi di Tanah Air," ujar Joko, salah seorang haji asal Kabupaten Banjarnegara, Kamis, 7 September 2017.

Jemaah haji yang mendarat langsung menuju ke Debarkasi Solo di Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. Jemaah disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Soedjatmoko.

Kasubag Humas Debarkasi Haji Solo M. Afief Mundzir menyebut kloter pertama yang dipulangkan merupakan jemaah dari Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kloter pertama diisi 359 orang haji.

Merujuk data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, tahun ini sebanyak 33.849 orang haji asal Jawa Tengah dan DIY dipulangkan dari Tanah Suci. Tercatat sebanyak 44 orang haji asal Jateng DIY meninggal dunia.

"Satu orang meninggal di Asrama Haji sedangkan 43 lainnya wafat di Tanah Suci," paparnya.

Afief memaparkan, dari 44 orang haji yang wafat, 21 orang wafat lantaran penyakit jantung. Sebanyak 12 orang meninggal karena gangguan pernafasan.

Sebanyak 33.849 jemaah haji Jawa Tengah DIY terbagi menjadi 95 kloter dan akan dipulangkan berangsur-angsur. "Pemulangan kloter 95 terakhir dijadwalkan pada 6 Oktober 2017," pungkasnya.


(SUR)