PNS Disbudpar Gunungkidul Terjerat Pungli

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 02 Nov 2016 21:24 WIB
pungutan liar
PNS Disbudpar Gunungkidul Terjerat Pungli
Ilustrasi. Foto: Antara/Lucky R.

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Seorang PNS di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi tersangka kasus pungli. PNS bernama Dwi Jatmiko tersebut bekerja di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Umum Polres Gunungkidul, AKP Mustijad Priyambodo, mengatakan Dwi ditetapkan tersangka setelah instansinya memiliki cukup bukti. "Alat bukti sudah cukup untuk menetapkan yang bersangkutan menjadi tersangka," ujar Mustijad melalui sambungan telepon, Rabu (2/11/2016).

Mustijad menjelaskan Dwi menjadi tersangka setelah sebelumnya terjaring operasi tangkap tangan oleh tim Satuan Tugas (Satgas) pemberantasan pungli Polres Gunungkidul, 15 Oktober, lalu. Saat itu, kata dia, Satgas menangkap dua orang yang melakukan pungli di tempat pemungutan restribusi (TPR) wisata pantai di Gunungkidul.

"Setelah diperiksa, hanya satu yang menjadi tersangka. Dia (tersangka) koordinator TPR," kata Mustijad.

Polres Gunungkidul memakai sejumlah bukti hasil operasi tangkap tangan untuk menetapkan Dwi sebagai tersangka. Barang bukti itu di antaranya beberapa bundel karcis wisata, uang Rp9,5 juta, serta sejumlah dokumen yang ada di TPR.

Mustijad menyatakan belum menahan Dwi setelah menyandang status tersangka. Dwi saat ini dalam kondisi sakit. "Pemeriksaan kami hentikan sementara. Setelah ada pemeriksaan lanjutan akan diketahui bagaimana proses hukumnya," kata dia.


(UWA)