Pola Hidup dan Lingkungan Sehat Kunci Produktivitas

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 15 Nov 2016 14:30 WIB
kesehatan
Pola Hidup dan Lingkungan Sehat Kunci Produktivitas
Peserta mengikuti karnaval Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di kawasan Monumen Serangan Umum 1 Maret, DI Yogyakarta, Minggu (13/11/2016). Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah

Metrotvnews.com, Bantul: Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Faried Moeloek, mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran menjaga pola hidup sehat dan menjaga kondisi lingkungan agar tetap bersih.

"Dengan terjaganya lingkungan pola hidup, maka akan bisa mendukung peningkatan produktivitas masyarakat," kata Nila dalam peluncuran program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (15/11/2016).

Nila menjelaskan, membentuk pola hidup sehat dan menjaga lingkungan agar tetap bersih, bisa membantu meningkatkan tanggung jawab individu. Menurut dia, hal itu akan berdampak pada penyebaran pengetahuan hidup sehat di lingkungan masyarakat.

"Dengan kita menjalankan gerakan hidup sehat, kita akan mendapatkan banyak manfaat. Seperti menurunkan risiko penyakit, mengurangi beban pengobatan bagi keluarga, dan bisa menjadi salah satu syarat menurunkan potensi kematian ibu," ujarnya.


Peluncuran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Faried Moeloek, di Bantul. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Selain Nila, sejumlah menteri juga ikut hadir dalam peluncuran gerakan tersebut. Di antaranya, Menteri Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Moeljono; Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani; dan Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo.

Puan Maharani berharap acara peluncuran Germas tak sebatas seremonial. Menurut dia, gerakan tersebut harus bisa diaplikasikan hingga di tingkat keluarga.

"Lingkungan sehat dan rumah bersih tak harus mewah, cukup memiliki sirkulasi udara, sanitasi yang baik, serta membudayakan hal kecil, misalnya mencuci tangan sebelum makan," katanya.

Germas diinisiasi Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan serempak diluncurkan di sembilan wilayah di Indonesia. Selain Bantul, peluncuran juga dilakukan di Bogor, Pandeglang, Batam, Jambi, Surabaya, Madiun, Pare-pare, Purbalingga, dan Padang Pariaman.


(UWA)