Temanggung Cuma Punya Rp100 Juta untuk Bencana

Tosiani    •    Selasa, 15 Nov 2016 16:40 WIB
longsor
Temanggung Cuma Punya Rp100 Juta untuk Bencana
Foto ilustrasi. (Ant/Anis Efizudin)

Metrotvnews.com, Temanggung: Sepanjang 2016, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah memiliki dana kebencanaan senilai Rp2,5 miliar. Namun, kini dana tinggal tersisa Rp100 juta.

Kasi Penanganan Darurat dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Gito Walngadi, menilai dana tersebut terlalu sedikit.

Karena itu, pihaknya berencana mengajukan permohonan penggunaan dana tak terduga (TT). Itu dilakukan bila terjadi kekurangan dana saat ada bencana hingga akhir tahun.

Gito menyebut, selama 2016 BPBD mendapat alokasi dana bencana sebesar Rp2,5 miliar. Namun dana itu telah digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial yang rusak akibat bencana longsor dan banjir sepanjang Januari hingga Oktober 2016. 

"Kalau dana ini habis dan masih ada bencana lagi, untuk anggaran siaga darurat banjir dan longsor akan kita gunakan dana TT," kata Gito, dikutip Media Indonesia, Selasa (15/11/2016).

Kepala Pelaksana Harian BPBD Temanggung, Agus Sudaryono, menyebutkan, selama Januari-Oktober 2016 terjadi 43 kali tanah longsor di 14 kecamatan. Semua kejadian bencana itu menyebabkan kerugian material mencapai Rp1 miliar.


(SAN)