Genjot Kunjungan Wisman, Bantul Kembangkan 2 Objek Wisata

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 08 Jul 2018 14:14 WIB
wisatayogyakarta
Genjot Kunjungan Wisman, Bantul Kembangkan 2 Objek Wisata
Salah satu sudut Gumuk Pasir di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Bantul: Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta berencana mengembangkan dua objek wisata, yakni Gumuk Pasir dan Makam Raja Imogiri untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, kunjungan wisatawan ke Bantul pada 2017 sebanyak 3,6 juta. Namun, wisman hanya sekitar 10 ribu.

Heru mengatakan, Gumuk Pasir di Bantul akan dijadikan unggulan lantaran hanya ada dua di dunia yakni di Benua Amerika dan di Bantul.

"Ini akan menjadi ciri khas," katanya, Minggu 8 Juli 2018.

Sementara itu, Makam Raja di Imogiri bisa menjadi wisata unggulan dari aspek sejarah dan budaya. Menurutnya, di makam ini, para pemimpin di Yogyakarta menempati peristirahatan terakhir.

Selain itu, objek wisata tersebut juga disertai dengan sentra kerajinan batik hingga kuliner. "Kami kira ini bisa menarik minat wisman," ujarnya.

Selain pembenahan objek wisata, Heru mengaku akan berkoordinasi dengan pihak Krayon Ngayogyakarta Hadiningrat. Wisata keraton ini menjadi salah satu pilihan bagi wisman.

"Kami juga akan upayakan pembenahan fasilitas. Misalnya kamar mandi di dekat objek wisata dan tempat penginapan," ujarnya.

Anggota Komisi B DPRD Bantul, Setiya, berharap pemerintah tak sekadar berencana. Menurut dia, perkembangan wisata di Bantul butuh pendukung, dari aspek infrastruktur, sarapan prasarana, hingga promosi.

"Pengembangan wisata ini perlu terintegrasi dengan yang lain. Ini agar bisa saling mendukung dan melengkapi," ungkapnya.


(LDS)